Jayaboard Bedah 5 Rumah Kumuh Gresik Dalam 30 Hari

jayaboard

Bekerja sama dengan Habitat For Humanity (HFH) Indonesia, Jayaboard, produsen papan gipsum, membedah lima rumah warga miskin yang ada di Dusun Kidul, Desa Kesamben Kulon, Kecamatan Wringinanom, Gresik Jawa Timur.

Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian pihak swasta untuk memberikan rumah layak huni bagi masyarakat miskin. Presiden Direktur USG Boral Indonesia, Yan Xu mengatakan bahwa warga miskin tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah untuk mendapatkan rumah layak huni, butuh bantuan dari banyak pihak, termasuk dari swasta.

Lima rumah yang dibangun tersebut memiliki luas masing-masing 32 meter persegi dan didesain dengan konsep rumah tumbuh. Hal ini agar pemilik nantinya dapat mengembangkan rumah mereka sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya di masa depan.

Dusun Kidul sendiri dipilih karena salah satu dari desa termiskin di Gresik. Data tersebut diperoleh dari Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Gresik. Dengan sebagian besar warganya yang bekerja sebagai buruh tani, pendapatan rata-rata perhari hanya sektar Rp 20-25 ribu.

Selain pendapatan yang rendah, ketersediaan air yang terbatas juga menjadi masalah di kawasan tersebut. Saat kemarau berlangsung, warga kesulitan mendapatkan pasokan air untuk mengairi sawah, sehingga sawah menjadi kering dan terancam gagal panen.

BACA JUGA:
Apartemen Gangnam Bekasi 90% Laku, Pembangunan Segera Dimulai
Trik Mudah Ciptakan Interior Apartemen Studio Instagrammable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *