Cara Mudah Agar Rumah Lebih Ramah Lingkungan

Painting an House

Dengan kondisi lingkungan yang semakin banyak polusi, memiliki hunian baik rumah maupun apartemen yang berada di lingkungan sehat tentu menjadi keinginan banyak orang. Lingkungan yang bersih dan sehat tentu akan berpengharuh pada kesehatan dan kesejahteraan penghuninya.

Untuk membuat rumah lebih ramah lingkungan tidak harus dilakukan dengan biaya besar yang mahal. Jika Anda ingin rumah lebih ramah lingkungan, simak cara mudahnya berikut ini.

Tidak Menebang Pohon

Jika dipekarangan rumah Anda memiliki pohon-pohon rindang, sebaiknya jangan menebang pohon tersebut. Semakin banyak pohon maka hunian akan lebih asri. Agar dahan-dahan pohon tidak menjalar terlalu jauh, lakukan pemotongan secara rutin. Jika tidak memiliki pekarangan luas, Anda dapat menanam tanaman di pot-pot kecil untuk membuat rumah menjadi lebih segar.

Perbanyak Bukaan & Ventilasi

Sinar matahari dan sirkulasi udara yang dapat masuk dan mengalir dengan lancar adalah syarat rumah sehat. Agar cahaya matahari dapat masuk dan sirkulasi udara berjalan lancar, perbanyak bukaan atau ventilasi di rumah Anda. Dengan sinar matahari yang dapat masuk dan sirkulasi udara yang lancar dapat membuat Anda berhemat penggunaan listrik karena rumah tidak membutuhkan lampu dan pendingin ruangan.

Material Yang Bersahabat

Material kayu memang memberikan kesan mewah pada hunian. Namun semakin banyak menggunakan material kayu berarti Anda juga mengurangi jumlah pohon yang ada di hutan. Beralihlah menggunakan material lain yang lebih ramah lingkungan, misalnya laminated floor, gypsum, triplek, MDF, baja ringan, aluminium, atau PVC.

Go Green

Jika ingin hidup yang lebih ramah lingkungan, gaya hidup pun juga perlu diubah agar lebih go green. Salah satu cara menerapkan gaya hidup ramah lingkungan adalah dengan menggurangi jumlah sampah plastik. Anda juga dapat memulai gaya hidup ramah lingkungan dengan berkebun sayuran dan buah sendiri. Anda juga dapat memasang panel surya sebagai alternatif energi listrik di rumah.

Hadirkan Suasana Alam

Rumah yang ramah lingkungan juga dapat didukung dengan menghadirkan suasana alam, misalnya menghadirkan suara burung dengan memelihara burung. Anda juga dapat menambahkan kolam ikan dengan air mancur untuk menghadirkan suasana tenang pada hunian.

BACA JUGA:
5 Jurus Investasi Properti Untuk Keuntungan Berlipat
Tips & Trik Dekorasi Kamar Indekos Agar Lebih Nyaman Part II

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *