Tips Desain Hunian di Lokasi Rawan Banjir

banjir2

Banjir adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Pada musim hujan tidak jarang banjir menimbulkan banyak masalah, mulai dari masalah kesehatan serta kerusakan yang ada pada hunian yang menjadi korban banjir.

Jika rumah Anda berada di area yang menjadi langganan banjir, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan yang muncul. Simak tips mendesain hunian di lokasi rawan banjir berikut ini.

Tinggikan Stop Kontak

Ketika rumah diterjang banjir, maka air akan masuk dan memenuhi rumah. Air yang masuk ke lubang stop kontak dapat menyebabkan korsleting listrik. Untuk mencegah terjadinya korsleting listrik saat terjadi banjir, pasang stop kontak di rumah setidaknya sekitar 1,5 meter di atas permukaan lantai.

Gunakan Ubin Keramik

Hindari menggunakan lantai berbahan kayu jika rumah Anda berada di lokasi yang rawan banjir. Gunakan ubin keramik karena ubin keramik tidak mudah rusak jika terkena banjir. Selain itu lantai keramik juga lebih mudah dibersihkan setelah banjir surut.

Dapur Stainless Steel

Investasikan dapur Anda dengan memilih perabot dengan material stainless stell atau kayu solid. Material stainless steel lebih kuat untuk bertahan saat rumah dilanda banjir. Selain itu stainless juga relatif lebih mudah dibersihkan.

Rak Dinding

Kurangi penggunaan lemari jika rumah Anda berada di lokasi rawan banjir. Sebagai alternatif, gunakan rak dinding yang dipasang dengan ketinggian sekitar 1 meter dari permukaan lantai. Menggunakan rak dinding dapat meminimalisir kerusakan perabot saat terjadi banjir.

Gunakan UPVCV (Unplasticized Poly Vinyl Chloride)

Agar bingkai jendela dan pintu lebih awet dan tahan saat diterjang banjir, pilih bingkai pintu dan jendela berbahan UPVCV. Material yang merupakan turunan plastik ini lebih ringan dibandingkan kayu. Meski demikian material ini lebih mudah dibersihkan dan memiliki ketahanan sama seperti kayu. Harga UPVCV pun lebih murah dibandingkan kayu.

BACA JUGA:
Mengulik Rumah Berdesain Unik Milik Rapper, Kanye West
Pengembang Berplat Merah Wajib Sediakan Apartemen MBR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *