Buat Hunian Tampil Beda Dengan Gaya Desain Eklektik

minimalis eklektik

Gaya desain skandinavian atau minimalis kini menjadi gaya interior yang sedang digandrungi pecinta desain interior. Namun jika Anda ingin menerapkan gaya desain yang anti mainstream, Anda dapat mencoba gaya desain eklektik.

Gaya desain eklektik sendiri merupakan perpaduan beragam aliran gaya di satu ruangan atau rumah. Dengan pengaturan yang tepat, nuansa eklektik dapat dinikmati meskipun berasal dari percampuran banyak gaya desain interior.

Untuk menerapkan gaya desain eklektik pada rumah atau apartemen, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Simak tipsnya berikut ini.

Batasi Gaya Dekorasi

Buatlah konsep sebelum menerapkan gaya desain eklektik. Untuk dapat tampil seimbang dan menarik, interior rumah atau apartemen tetap membutuhkan identitas sebagai benang merah. Misalnya Anda dapat membatasi dengan hanya memadukan dua atau tiga gaya dekorasi.

Bermain Pada Bahan

Permainan bahan, mulai dari pola maupun tekstur dapat membuat nuansa eklektik terasa kental. Misalnya di dalam ruangan Anda memadukan sofa modern minimalis namun memberikan corak dan tekstur melalui bantal bermotif mencolok dan karpet berbulu lembut.

Pilih Warna Utama

Agar seisi ruangan tetap tampak serasi dan menarik, Anda juga perlu menentukan warna utama. Agar dekorasi di dalam ruangan dapat menyatu dengan baik, Anda dapat memilih warna netral sebagai warna dominan.

Objek Dekorasi

Untuk memperkuat kesan eklektik, memunculkan warna dan motif kontras sangatlah penting. Warna dan motif kontras tersebut dapat diaplikasikan pada dekorasi seperti lukisan, karpet, hiasan dinding, dan ornamen dekorasi lainnya.

Utamakan Fungsi

Jangan memaksa saat mengaplikasikan gaya desain eklektik. Anda tidak harus menjejali ruangan dengan berbagai barang dan dekorasi. Hal ini justru akan membuat ruangan terasa penuh dan tidak lagi menarik. Pilih dekorasi dan perabot yang fungsional dan nyaman. Sesuaikan perabot dan dekorasi dengan ukuran ruangan serta kebutuhan Anda.

BACA JUGA:
Tips Aman Beli Apartemen Impian
Investasi Properti, Solusi Miliki Pasive Income di Masa Pensiun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *