Alasan Penting Mengapa Mencicil Rumah Harus Disegerakan

rumahh

Bagi sebagian orang, memiliki hunian, baik rumah maupun apartemen merupakan impian. Bagi sebagian yang lain, memiliki hunian adalah prioritas. Ada banyak hal yang membuat seseorang menunda memiliki rumah, mulai dari dengan alasan setelah menikah, atau menunggu pencapaian karir tertentu.

Padahal kebutuhan akan rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Oleh karena itu sebaiknya Anda mulai membeli rumah baik secara cash, atau dengan mengajukan KPR. Berikut beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda menyegerakan pengajuan KPR.

Harga Rumah Terus Naik

Setiap tahun, harga properti terus naik. Menunggu satu atau dua tahun sudah bisa membuat harga rumah semakin tidak terjangkau. Oleh karena itu sebaiknya ajukan cicilan sebelum harga rumah semakin tidak terjangkau.

Lahan Makin Terbatas

Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, lahan yang tersedia juga semakin terbatas, terutama di dekat pusat kota. Jika masih tersedia pun harganya tentu sudah sangat mahal.

Jangka Waktu Fleksibel

Semakin lama Anda tentu tidak akan bertambah muda. Usia produktif rata-rata hanya sampai usia 55 tahun. Jika Anda memulai cicilan pada usia 40, maka tenor KPR yang dapat Anda ambil maksimal hanya 15 tahun. Namun jika Anda mulai mencicil di usia 20an, maka jangka waktu cicilan dapat diambil lebih lama agar besaran cicilan tidak memberatkan.

Bebas Utang Lebih Cepat

Semakin cepat memulai cicilan, maka akan semakin cepat pula Anda akan terbebas dari utang. Ketika cicilan sudah selesai dan Anda masih dalam usia produktif, maka Anda dapat mengalihkan dana untuk keperluan lain, seperti untuk liburan atau untuk investasi lain.

BACA JUGA:
Tips Pindah Rumah Agar Lebih Beruntung Menurut Feng Shui
Hindari 5 Hal Ini Agar Pengajuan KPR Anda Bebas Dari Penolakan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *