Neave Brown, Terima Penghargaan Tertinggi Arsitek Berkat Proyek Rusun

neave brown

Neave Brown merupakan seorang arsitek dan seniman asal Inggris yang berhasil mencetuskan desain rumah rakyat inovatif. Berkat proyek rumah susun miliknya tersebut, Brown berhasil menerima penghargaan tertinggi dari The Royal Institute of British Architects (RIBA).

Rumah susun karya Brown berada di Alexandra Road, London, Inggris. Dengan karyanya yang dinilai inovatif tersebut, Brown menerima penghargaan 2018 Royal Gold Medal, sebuah penghargaan tertinggi di bidang arsitek.

Penghargaan ini disetujui oleh Ratu Inggris Elizabeth II. Penerima penghargaan Royal Gold Medal merupakan arsitek, baik perorangan, maupun kelompok yang dianggap memberi pengaruh penting pada kemajuan dunia arsitektur.

Dalam proyek rumah susun karya Brown terdiri dari 500 unit rumah yang disusun dengan menggunakan konsep piramida terbalik. Rumah susun setinggi delapan lantai ini dikenal dengan nama the Alexandra and Ainsworth Estate. Proyek pembangunannya berjalan mulai tahun 1968 hingga rampung pada tahun 1979.

alexandra-road-02

Rumah susun karya Brown ini tidak hanya meliputi hunian, tetapi juga toko, ruang kerja, ruang pertemuan komunitas, ruang khusus anak-anak, sebuah sekolah untuk anak berkebutuhan khusus, serta sebuah taman publik seluas 16 ribu meter persegi.

Pada zamannya, karya Brown tersebut dianggap mendobrak gaya arsitektur yang berkembang saat itu, sehingga proyek tersebut menjadi laboratorium untuk sekolah arsitek. Atas penghargaan yang diberikan kepadanya, Brown sangat bersyukur karena penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan atas karyanya selama ini.

BACA JUGA:
Tingkatkan Estetika & Nilai Hunian Dengan Lukisan
Tips Nyaman Menempati Hunian Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *