Mendesain Interior Hunian Ramah Lansia

couple-outside-house

Saat Anda masih kecil, orang tua berusaha memberikan yang terbaik untuk membuat Anda tumbuh sehat dan bahagia. Saat mereka sudah lanjut usia, saatnya Anda mengambil tanggung jawab untuk menjaga dan merawat orang tua.

Saat usia orang tua semakin senja, kemampuan fisiknya pun semakin menurun. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga agar mereka dapat beraktivitas secara nyaman dan aman di dalam rumah.

Simak beberapa tips penting untuk mendesain interior hunian yang ramah lansia berikut ini.

Pemilihan Furniture

Jika Anda tinggal bersama orang tua berusia lanjut, sebaiknya hindari menggunakan perabot atau furniture dengan permukaan tajam dan keras untuk mengurangi risiko benturan saat terjadi kecelakaan. Pilih perabot yang nyaman dan dapat mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Handle

Jika orang tua sudah tidak dapat berjalan dengan tegak, maka sebaiknya tambah beberapa handle atau pegangan di tempat-tempat tertentu seperti tangga, toilet, dan koridor. Agar semakin nyaman, Anda dapat melapisi handle tersebut dengan kain atau busa yang empuk.

Pencahayaan

Tidak jarang saat orang sudah lanjut usia maka kemampuan pengelihatannya semakin menurun. Untuk membantu mereka agar dapat melihat dengan lebih jelas, maka pastikan hunian Anda memiliki pencahayaan terbaik. Agar nyaman di mata, gunakan lampu dengan cahaya putih karena lampu jenis ini tidak menghasilkan bayangan.

Anti-slip

Untuk mengurangi risiko tersandung atau terpeleset, gunakan karpet atau keset dengan lapisan anti-slip. Gunakan lapisan anti-slip di area kamar mandi agar permukaan lantai kamar mandi tidak licin dan dapat membuat orang tua Anda terpeleset.

BACA JUGA:
4 Pengembang Properti Ternama di Indonesia
Memahami Istilah & Jenis Hunian Vertikal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *