Tips Mengontrol Pengeluaran Untuk Dapatkan Rumah Impian

budget

Kemampuan untuk mengontrol pengeluaran belanja merupakan hal sederhana yang berpengaruh besar pada keuangan keluarga. Pasalnya belanja bulanan bisa menjadi pengeluaran terbesar yang mengabiskan hampir 50 persen dari pemasukan tiap bulannya.

Agar keuangan keluarga dapat terkontrol dan dapat menyisihkan tiap bulan untuk membeli rumah impian, Anda perlu melakukan penghematan uang belanja. Simak tips berikut agar pengeluaran belanja dapat terkontrol dan impian segera terbeli.

Buat Daftar Belanja

Terdengar sederhana, namun membuat daftar belanja adalah hal yang sangat penting untuk membuat Anda fokus pada kebutuhan yang perlu dibeli. Dengan membuat daftar belanja, Anda tidak akan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, sehingga pengeluaran pun dapat terkontrol.

Tidak Harus Bermerek

Pada dasarnya, semua merek barang-barang kebutuhan rumah tangga sama saja. Oleh karena itu Anda tidak harus terpaku pada merek tertentu, selama fungsinya sama, pilih harga yang lebih murah.

Bandingkan Harga

Dengan memanfaatkan internet, Anda dapat membandingkan harga produk yang dijual di beberapa toko swalayan. Pasalnya untuk barang yang sama, harga di satu swalayan bisa berbeda dengan swalayan lain.

Subtitusi Barang

Saat harga beberapa kebutuhan naik karena musim, Anda dapat menyiasati dengan menggantikan barang tersebut dengan barang lain, misalnya harga daging sapi yang naik, maka Anda dapat mengganti daging dengan menyajikan ayam, ikan, atau telur.

Manfaatkan Promo

Tidak sedikit swalan yang mengadakan promo tiap akhir pekan atau pada jadwal-jadwal tertentu. Manfaatkan masa-masa promo tersebut untuk membeli barang-barang kebutuhan yang sedang didiskon. Anda dapat mengetahui jadwal promo swalayan melalui blog atau sosial media mereka.

BACA JUGA:
Kelebihan & Kekurangan KPR Syariah
Inspiratif! Kisah Uang Receh Yang Bisa Jadi DP Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *