Lebih Dari 5000 Unit Rumah Subsidi Tak Berpenghuni

rumahmurah

Pemerintah berusaha menyediakan hunian yang layak untuk masyarakat kelas menengah bawah melalui program Sejuta Rumah. Namun sepertinya distribusi rumah subsidi dari program ini belum berjalan maksimal.

Pasalnya lebih dari 5000 unit rumah subsidi yang sudah terbangun belum menemukan penghuni. Namun menurut Direktur Utama Bank Tabungan Negara, Mayono, jumlah tersebut sangatlah kecil dibandingkan dengan jumlah KPR yang sudah dibiayai oleh BTN.

Lebih lanjut Maryono menjelaskan bahwa rumah subsidi tersebut kosong karena setelah membeli rumah-rumah tersebut masyarakat butuh waktu untuk mempersiapkan barang-barang yang akan dipindahkan.

Selain itu ada juga masyarakat yang setelah membeli ternyata harus dipindahkan untuk bekerja di luar kota sehingga rumah tersebut terpaksa kosong. Jika hal tersebut yang terjadi, pihak bank akan tetap mengikuti prosedur pemerintah untuk memberi waktu maksimal 3 bulan untuk menunggu.

Setelah jangka waktu tersebut lewat, maka masyarakat akan diberi pilihan untuk mendapatkan pinalti, yakni membayar bunga subsidi, atau non-subsidi.

BACA JUGA:
Penyebab Pasar Apartemen Nasional Belum Bergairah
Simak Syarat Beli Apartemen Subsidi Perumnas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *