Ubah Hunian Jadi Penginapan Yang Nyaman

homestay

Memiliki sebuah hunian atau rumah yang cukup besar di wilayah kota besar atau daerah yang berdekatan dengan tempat wisata dapat menjadi hal yang menguntungkan. Jika jeli melihat peluang, Anda dapat memanfaatkannya untuk dapat dijadikan penginapan kecil atau homestay sederhana.

Homestay biasanya tidak memiliki banyak kamar, hanya 2 hingga tiga kamar saja. Meskipun tidak terlalu besar, namun kenyamanan menjadi faktor yang paling penting. Jika ingin menerapkan hal ini di hunian Anda, ada beberapa hal sederhana yang harus dilakukan untuk dapat menarik perhatian para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Renovasi Kecil

Jika hunian Anda sudah memiliki cukup kamar, maka tidak perlu melakukan terlalu banyak renovasi, hanya perlu menambahkan beberapa detail dan dekorasi yang dapat memberikan kesan nyaman pada hunian, seperti menambah tanaman di halaman, membeli beberapa meja dan kursi untuk bersantai. Renovasi semacam ini tidaklah membutuhkan dana yang besar, hanya sekitar 20 hingga 30 juta rupiah.

Perlengkapan Tambahan

Seperti penginapan pada umumnya, Anda pun perlu menambah beberapa perlengkapan tambahan, seperti bahan makanan, peralatan mandi, dan beberapa yang lainnya. Selain itu untuk melengkapi homestay, Anda juga dapat menambah fasilitas jaringan listrik dan internet serta rental mobil dan tour guide.

Urus Perizinan

Jika ingin mengubah hunian menjadi homestay sederhana, maka sangat penting untuk mengurus perizinan. Untuk menjalankan usaha ini, Anda perlu memiliki izin gangguan atau HO dan juga izin operasional.

Bersihkan Usai Digunakan

Setiap tamu usai menginap, jangan lupa untuk membersihkan kamar, mulai dari mengganti sprei dan selimut, membuka jendela agar sirkulasi udara lebih lancar, membersihkan kamar mandi, mengepel lantai dan bahkan menambahkan pengharum ruangan. Meskipun hanya satu orang tamu yang menginap, sangat penting untuk membersihkan kamar demi kenyamanan tamu yang datang setelahnya.

Buat Aturan

Anda pun dapat membuat aturan agar kenyamanan di homestay tetap terjaga, seperti aturan untuk tidak merokok di dalam ruangan, dilarang membawa binatang peliharaan dan harus mengembalikan peralatan makan setelah digunakan.

Beriklan

Agar usaha berjalan lancar, jangan lupa untuk mulai beriklan. Cara yang paling mudah untuk mengiklankan homestay Anda dapat melalui online, yakni social media dan blog wisata. Selain itu Anda juga dapat bekerja sama dengan agen perjalanan atau tour and travel. Dengan demikian para wisatawan dapat mengetahui keberadaan homestay Anda dan dapat membandingkannya dengan yang lainnya.

BACA JUGA:
Cara Aman Lindungi Hunian Saat Musim Mudik Lebaran
Apa Yang Harus Dilakukan Saat Lahan Dalam Sengketa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *