Cerdas Mendesain Hunian Ramah Lingkungan

eco friendly house

Saat ini isu terkait lingkungan selalu menjadi perhatian masyarakat. Kondisi bumi yang semakin tua semakin lama membutuhkan perhatian dan kepedulian manusia demi menjaga kelangsungan hidup bumi.

Salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan adalah dengan memiliki hunian yang ramah lingkungan. Simak beberapa tips berikut untuk mendesain hunian ramah lingkunan nan asri.

Perbanyak Ventilasi

Rumah yang memiliki banyak ventilasi akan membuat sikulasi udara di dalamnya menjadi lancar. Udara di dalam rumah juga menjadi lebih sejuk, dengan demikian Anda akan dapat mengurangi penggunaan kipas angin atau AC untuk membuat rumah menjadi lebih dingin. Dengan banyak ventilasi, rumah juga akan lebih terang sehingga Anda tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.

Pemilihan Material Ramah Lingkungan

Untuk mengurangi penggunaan material kayu, Anda dapat menggunakan material pengganti yang lebih ramah lingkungan di dalam rumah. Misalnya kurangi penggunaan tisu dan ganti dengan menggunakan lap. Untuk membuat dinding, Anda dapat menggunakan bata ringan, sedangkan sebagai pengganti rangka kayu kusen dan jendela, Anda dapat menggunakan PVC/UPVC dan alumunium.

Alat Elektronik Ramah Lingkungan

Saat ini di pasaran banyak dijual alat elektronik yang ramah lingkungan, mulai dari lampu hemat energi hingga peralatan elektronik berlabel bebas CFC. Pasalnya salah satu penyebab kerusakan lingkungan adalah penggunaan elektronik yang menggandung Freon, seperti AC dan lemari es.

Buat Taman

Pohon dan tanaman hijau dapat menjadi penyaring udara, penghasil oksigen serta penyerap air yang dapat mencegah banjir. Oleh karena itu Anda dapat membuat taman sebagai salah satu upaya penghijauan di rumah. Jika tidak memiliki lahan yang luas, Anda dapat membuat taman mungil atau taman vertikal.

BACA JUGA:
Estimasi Pengeluaran Bulanan Untuk Tinggal di Apartemen
Inspirasi Desain Taman Vertikal Sederhana Untuk Apartemen Mungil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *