Kesalahan Pemasangan Tirai Yang Harus Dihindari

gordyn2

Tirai merupakan salah satu ornamen dekorasi yang banyak digunakan di Indonesia. Memilih tirai yang tepat dapat membuat tampilan interior hunian tampak lebih cantik dan menarik.

Namun tidak hanya pemilihan model tirai yang penting untuk diperhatikan, pemasangan tirai juga harus dilakukan dengan tepat agar interior ruangan tampak elegan. Pasalnya kesalahan pemasangan justru dapat membuat ruangan tampak tidak rapi. Berikut beberapa kesalahan pemasangan tirai yang sering terjadi dan perlu dihindari.

Kesalahan Menggantung Tirai

Jamak dijumpai pemasangan tirai tepat di frame atau kusen jendela. Hal ini merupakan kesalahan yang umum. Sebaiknya pasang tirai 10 atau 20 cm di atas frame jendela. Pilih tirai dengan panjang yang sesuai. Jangan memasang tirai yang terlalu panjang sehingga menyapu lantai. Hindari pula memilih tirai yang terlalu pendek sehingga tampak menggantung.

Panjang Batang Tirai

Tirai sebaiknya dipasang pada batang yang panjangnya sesuai dengan lebar jendela. Hal ini untuk menghindari sebagian dari jendela tertutup tirai bahkan saat tirai dibuka. Selain panjang batang tirai, Anda juga harus memastikan lebar dari tirai sesuai dengan lebar jendela agar tidak ada celah yang terlihat saat tirai ditutup.

Pemilihan Batang Tirai

Ada banyak pilihan untuk batang tirai. Pilih batang tirai yang sesuai dengan desain dan model tirai yang Anda pasang. Beberapa jenis kain tirai memiliki bobot yang cukup berat sehingga Anda harus memilih batang tirai yang kokoh agar tirai tidak jatuh saat dipasang.

Setrika Sebelum Dipasang

Beberapa jenis kain tirai perlu disetrika sebelum di pasang. Namun beberapa orang tidak menyadari hal tersebut dan langsung memasangnya tanpa disetrika sehingga tirai tampak lusuh dan tidak cantik. Menyetrika tirai sebelum dipasang dapat memberikan kesan rapi dan elegan.

BACA JUGA:
Cerdas Mendesain Hunian Ramah Lingkungan
Estimasi Pengeluaran Bulanan Untuk Tinggal di Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *