Perhatikan Hal Ini Saat Beli Tanah Kavling!

tanah dijua;

Dibandingkan membeli perumahan yang sudah terbangun, beberapa orang lebih menyukai membeli tanah kavling. Dengan membeli tanah kavling, Anda dapat mendirikan bangunan dengan konsep berbeda sesuai dengan yang diinginkan.

Selain itu merancang dan mendesain rumah idaman dari nol bisa menjadi hal yang memuaskan. Namun saat membeli tanah kavling Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak terjebak dalam pembelian tanah sengketa. Simak informasinya berikut ini.

Cek Kondisi Tanah

Sebelum membeli, pastikan Anda telah datang ke lokasi untuk memastikan kondisi tanah kavling tersebut. Pastikan bahwa tanah kavling tersebut memiliki akses jalan, memiliki pembatas yang jelas, dan kondisi tanah itu sendiri. Hindari membeli tanah kavling yang berada di lokasi rawan, seperti dekat dengan pabrik, sungai, atau jalur listrik tegangan tinggi.

Ketahui Peruntukan Tanah

Saat membeli tanah kavling, Anda juga perlu mengetahui status tanah dan peruntukannya yang paling terkini. Anda dapat mengecek hal tersebut melalui pejabat daerah setempat. Anda dapat menanyakan apakan akan ada rencana tata kota di kawasan tersebut. Jika tanah tersebut berstatus lahan hijau, maka tentu area tersebut tidak boleh digunakan untuk mendirikan bangunan.

Ketahui Status Tanah

Sangat penting untuk mengetahui apakah tanah yang akan Anda beli sedang dalam sengketa atau tidak. Pastikan tanah tersebut memiliki sertifikat resmi dan asli. Untuk memastikan keaslian surat, Anda dapat meminta bantuan notaris setempat.

Lakukan Prosedur Dengan Benar

Saat melakukan transaksi jual beli tanah, Anda perlu membuat akta tanah atau akta jual beli untuk memastikan bahwa proses jual beli tersebut telah sah di mata hukum. Jika sudah sah menjadi milik Anda, maka langkah selanjutnya adalah mengalihkan kepemilikan atas nama pribadi.

BACA JUGA:
Trik Membuat Desain Open Space Apartemen Tampil Lebih Menarik
Penyebab Interior Apartemen Tampak Membosankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *