Trik Sederhana Agar Dapur Mungil Selalu Rapi

dapur kecil

Bagi pemilik apartemen atau rumah dengan luas terbatas, keberadaan dapur mungil perlu didesain dengan tepat agar tampak rapi, menarik dan tetap dapat berfungsi maksimal. Salah satu kendala yang sering ditemui di dapur mungil adalah kurangnya ruang penyimpanan.

Hal ini sering menjadi penyebab dapur tampak tidak rapi. Agar dapur mungil Anda selalu rapi, lakukan trik sederhana berikut ini.

Kategorikan Berdasarkan Fungsi

Untuk memudahkan pencarian, pisahkan barang yang ada di dalam dapur berrdasarkan fungsi. Misalnya letakkan peralatan di satu lemari khusus, dan letakkan peralatan masak di area yang lain. Dengan demikian dapur akan tampak lebih rapi dan mudah dibersihkan.

Lemari Khusus Bumbu

Untuk menghindari dapur menjadi berantakan dan beraroma tak sedap, sebaiknya sediakan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan bumbu beraroma tajam. Dengan menggunakan penyimpanan yang tertutup, dapur Anda juga akan terbebas dari kecoak dan tikus.

Manfaatkan Dinding

Dengan luas dapur yang terbatas, Anda dituntut untuk lebih kreatif saat memanfaatkan area vertikal yang ada. Pasang rak atau kabinet gantung untuk menyimpan peralatan masak atau makanan. Pastikan rak tersebut rutin dibersihkan dari sisa ceceran makanan maupun dari debu.

Gantung Panci

Jika ruang penyimpanan yang ada di dapur terbatas, sebaiknya pasang gantungan di dinding untuk menyimpan panci dan peralatan masak yang memiliki gagang. Dengan demikian Anda dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang ada untuk bahan makanan dan peralatan makan.

BACA JUGA:
Inspirasi Desain Interior Untuk Hunian 5×6 Meter
Perhatikan Hal Ini Saat Beli Tanah Kavling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *