Langkah Membuat Pagar Hidup Untuk Hunian Bergaya Minimalis

pagar hidup

Untuk hunian, seperti rumah yang memiliki gaya minimalis biasanya tampil tanpa pagar. Namun jika menggunakan pagar, biasanya pagar yang dipilih adalah pagar besi atau kayu dengan desain yang sederhana.

Jika Anda ingin tampilan rumah minimalis lebih menarik, Anda dapat menggunakan pagar hidup. Keuntungan lain menggunakan tanaman sebagai pagar adalah dapat memberikan kesan hijau pada hunian sehingga tampak lebih asri.

Untuk membuat pagar hidup, biasanya tanaman yang dipilih adalah tanaman rambat seperti sirih merah, dolar rambat, atau mata kucing. Jika ingin menggunakan tanaman rambat sebagai pagar hidup, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Simak penjelasannya berikut ini.

Sesuaikan Dengan Ukuran Pagar

Agar tampilannya lebih sesuai dan seimbang, pilih jenis tanaman yang sesuai dengan ukuran pagar. Untuk pagar kecil, Anda dapat menggunakan tanaman seperti sirih merah. Namun jika ukuran pagarnya besar, Anda dapat memilih tanaman Alamanda yang memiliki daun lebar.

Siapkan Tanah

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, sebaiknya tanaman di tanam langsung di tanah pekarangan. Persiapkan agar kondisi tanah menjadi subur dengan menambahkan pupuk dan membersihkan tanah dari akar-akar rumput yang nantinya dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Buat Lubang Tanam

Untuk menanam tanaman rambat, buatlah lubang di dekat pagar. Di dalam lubang tersebut, campurkan media tanam organik seperti tanah dan pupuk. Tanam tunas rambat di dalam lubang tersebut.

Perawatan

Agar pagar hidup tetap tampak indah namun tidak terlalu rimbun, pangkas daun-daun atau cabang yang tumbuh tidak beraturan. Dengan memotong tanaman secara rutin, pagar yang menjadi rangka juga akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

BACA JUGA:
Desain Interior Ini Tak Lagi Jadi Tren Kekinian
Mengintip Apartemen Mewah Yang Pernah Jadi Tempat Tinggal Rihanna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *