Menilik Pengeluaran Bulanan Tinggal Di Hunian Kelas Atas

budget

Menyenangkan memang saat melihat deretan rumahrumah dengan desain menawan berada di tengah-tengah lingkungan yang bersih dan juga nyaman. Pemandangan seperti ini biasanya terlihat di perumahan kelas atas.

Beberapa perumahan kelas atas yang ada di Jakarta tersebar di kawasan BSD City, Alam Sutera, Serpong, dan Tangerang. Dengan fasilitas kebersihan dan keamanan yang maksimal, ongkos yang dikeluarkan untuk dapat tinggal di perumahan kelas atas tentu tidaklah sedikit.

Berbeda dengan perumahan kelas menengah bawah, pengelolaan lingkungan perumahan kelas atas biasanya berada di tangan pengelola perumahan. Untuk mendapatkan layanan premium, pemilik unit harus membayar iuran pengelolaan lingkungan (IPL) per bulan sebesar Rp 8500 per meter persegi.

Iuran ini tetap harus dibayar meskipun rumah tidak ditinggali. Dengan angka tersebut, jika pemilik memiliki rumah tipe paling kecil seperti 180/162 maka besar nilai iuran per bulannya mencapai Rp 1.377.000 per bulan.

Angka tersebut tentu belum pengeluaran untuk tagihan listrik dan air. Estimasi biaya operasional rumah di perumahan kelas atas rata-rata mencapai Rp 3 juta per bulan.

BACA JUGA:
Pasar Properti Lemah, Apartemen Mewah Masih Tinggi Peminat
Tampak Luas, Apartemen Keren Ini Luasnya Hanya 27 Meter Persegi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *