Panduan Memilih Jenis Lantai Terbaik Berdasarkan Ruangan

lantai1

Lantai merupakan salah satu bagian penting untuk sebuah hunian, baik rumah maupun apartemen. Selain menjadi salah satu elemen dasar, pemilihan material lantai perlu dilakukan dengan tepat karena lantai juga dapat menjadi elemen dekorasi yang membangun suasana ruangan.

Terdapat banyak jenis lantai yang terbuat dari beragam material yang dijual di pasaran, mulai dari keramik, kayu, hingga tanah liat. Agar hunian Anda tampil menarik serta nyaman, simak panduan memilih jenis lantai terbaik berdasarkan ruangan berikut ini.

Teras

Sebagai area yang ada di bagian paling depan, maka area ini biasa dilalui banyak orang, dan bahkan kendaraan. Oleh karena itu untuk lantai teras, Anda perlu memilih jenis lantai yang memiliki ketahanan tinggi, seperti keramik dengan tekstur.

Ruang Tamu

Untuk area ruang tamu, Anda dapat memilih jenis lantai yang memiliki tampilan menarik. Anda dapat bermain dengan warna maupun tekstur. Sesuaikan pemilihan warna maupun tekstur lantai dengan tampilan keseluruhan ruangan agar lebih serasi.

Kamar Tidur

Untuk membuat suasana kamar tidur terasa lebih hangat dan nyaman, Anda dapat memilih lantai berbahan kayu seperti parket. Namun jika Anda ingin jenis lantai yang lebih mudah dibersihkan, Anda dapat memilih lantai keramik.

Kamar Mandi

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan di kamar mandi, pilih jenis lantai yang tidak mudah licin, seperti keramik bertekstur kasar atau batuan alam. Pastikan juga lantai yang Anda pilih tahan air dan cepat kering setelah tersiram air agar kamar mandi tetap bersih.

Lantai Dapur

Lantai dapur biasanya mudah sekali kotor ketika Anda sedang memasak dan menyiapkan hidangan. Oleh karena itu pilih jenis lantai yang mudah dibersihkan dan juga tahan lama, seperti keramik. Namun hindari menggunakan keramik bertekstur karena lantai bertekstur akan lebih sulit untuk dibersihkan saat kotoran terselip di antara sela-sela tekstur lantai.

BACA JUGA:
Inspirasi Desain Ruang Makan Praktis Untuk Apartemen Mungil
Tips Mendesain Ruang Make Up di Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *