Tips Membangun Rumah Dengan Dana Terbatas

building house

Untuk memiliki hunian, ada banyak cara yang dapat ditempuh. Anda dapat membeli unit rumah yang sudah jadi di kompleks perumahan, atau membeli tanah kavling dan membangun sendiri rumah impian.

Bagi yang tidak ingin pusing dengan proses pembangunan rumah, Anda tentu lebih memilih membeli rumah yang sudah terbangun. Namun jika Anda ingin memiliki rumah dengan desain yang sesuai dengan keinginan, maka Anda lebih senang membeli tanah kavling.
Pada kenyataannya membangun rumah pun tidak dapat dilakukan dengan mudah karena membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jika dana yang Anda miliki untuk membangun rumah terbatas, maka tips berikut ini perlu untuk disimak.
Bekerja Sama Dengan Arsitek
Anda tentu berpikir jika menggunakan jasa arsitek maka Anda harus mengeluarkan dana lebih. Padahal dengan menggunakan jasa arsitek Anda akan dapat bantuan untuk mendesain rumah terbaik dengan dana yang terbatas. Anda tidak harus memilih desain yang unik, pastikan saja rumah tersebut nantinya akan dapat membuat Anda dan keluarga merasa nyaman.
Lakukan Survey Harga Material
Ada banyak toko dan supermarket bahan bangunan yang dapat menyediakan berbagai kebutuhan Anda untuk membangun rumah. Lakukan survey untuk membandingkan harga. Pertimbangkan juga jarak antara toko bangunan dengan lokasi rumah karena hal ini akan berpengaruh pada biaya transportasi.
Cermat Menentukan Ahli Bangunan
Untuk menentukan jasa ahli bangunan, sebaiknya pilih yang sudah direkomendasikan oleh orang terdekat. Dengan demikian Anda akan lebih tahu tarif dan juga hasil kerjanya. Jangan tergiur oleh ahli bangunan yang menawarkan tarif rendah jika nanti hasilnya akan mengecewakan.
Bangun Secara Bertahap
Jika dana yang Anda miliki sangat terbatas, maka Anda dapat membangun rumah secara bertahap. Lakukan fondasi terlebih dahulu. Setelah dana terkumpul, bangun dinding, atap, dan kusen jendela. Anda juga dapat menerapkan konsep rumah tumbuh jika dana yang Anda miliki terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *