Perhatikan 4 Hal Ini Saat Bangun Hunian di Atas Lahan Miring

Painting an House

Sebagian besar orang lebih senang memilih tanah dengan kontur yang datar karena lebih mudah dalam proses pembangunan. Tanah dengan kontur miring biasanya kurang diminati dan membuat harganya menjadi lebih murah.

Namun kini justru menjadi incaran banyak orang karena dianggap akan membuat rumah tampak unik. Jika Anda tertarik untuk membangun rumah di atas lahan dengan kontur miring, perhatikan empat hal penting berikut ini.

Kualitas Tanah

Sangat penting untuk memperhatikan kualitas tanah agar bangunan rumah yang ada di atasnya dapat berdiri kokoh. Meskipun konturnya miring, pastikan bahwa lahan tersebut tidak memiliki tanah dengan tekstur lembek dan tidak stabil.

Tingkat Kemiringan

Memilih tanah dengan kontur miring pun tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Perhatikan tingkat kemiringan lahan, bagaimana posisi tanah dengan jalan dan bangunan di sekitarnya. Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh pada desain rumah yang akan Anda buat.

Buat Desain Bertingkat

Untuk mengurangi biaya pengurukan, Anda dapat memilih desain rumah bertingkat. Dengan memanfaatkan perbedaan tinggi permukaan, Anda dapat memiliki hunian unik. Jika masing-masing ruang memiliki tinggi yang berbeda, Anda dapat menggunakan tangga landai sebagai penghubung.

Fondasi Yang Kuat

Membuat fondasi yang kuat menjadi hal wajib yang harus diperhatikan saat membangun rumah di atas tanah miring. Agar dapat menopang bangunan dengan kokoh dan kuat biasanya arsitek atau kontraktor profesional akan menyarankan Anda untuk menggunakan fondasi tiang pancang.

BACA JUGA:
Tips Mendesain Kamar Tidur Ideal Untuk Tiga Anak
Ajukan 10 Pertanyaan Ini Agar Tak Terjebak Rayuan Developer Nakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *