Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Sewakan Apartemen

Ilustrasi Sewa Apartemen/huffingtonpost.com

Memiliki apartemen tidak hanya dapat digunakan sebagai hunian, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memperoleh pendapatan tambahan, melalui bisnis sewa apartemen. Bisnis sewa apartemen bisa menjadi sangat menguntungkan jika dilakukan dengan tepat.

Jika Anda tertarik untuk menjajal bisnis sewa apartemen, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Simak penjelasannya berikut ini.

Harga Sewa

Menetapkan harga sewa tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pasalnya jika Anda salah menetapkan harga sewa, bisa jadi apartemen tidak akan laku disewa karena terlalu mahal, atau justru Anda akan rugi karena harga sewa yang terlalu rendah. Dalam menentukan harga sewa apartemen, Anda dapat melakukan survey harga pasaran properti di sekitar wilayah apartemen.

Jangka Waktu Sewa

Ada banyak tipe penyewa berdasarkan jangka waktu sewa. Menetapkan jangka waktu sewa juga dapat disesuaikan dengan tujuan finansial pribadi. Jika Anda ingin mendapatkan untung dengan cepat, pilih jangka waktu sewa yang pendek, seperti per bulan atau per tiga bulan. Namun jika ingin lebih aman, Anda dapat menetapkan jangka waktu sewa yang lebih panjang, misalnya setiap tahun atau dua tahun.

Ketahui Penyewa Properti

Mengetahui siapa yang akan menyewa properti adalah hal penting yang tidak dapat diabaikan. Pasalnya hal ini akan sangat berpengaruh pada kelancaran pembayaran uang sewa serta perawatan properti. Jika Anda menyewakan apartemen pada orang yang salah, Anda dapat memperoleh kerugian, berupa keterlambatan pembayaran uang sewa, atau kerusakan properti.

Kontrak Perjanjian & Uang Deposit

Untuk menjaga aset properti yang Anda miliki, sangat penting untuk membuat kontrak perjanjian tertulis yang dibubuhi materai dan tanda tangan kedua belah pihak. Di dalam kontrak perjanjian, tulis hak dan kewajiban pemilik maupun penyewa apartemen. Jika diperlukan, Anda juga dapat menetapkan sistem deposit.

BACA JUGA:
Inspirasi Perabot Keren Untuk Apartemen Kece
Memilih Warna Interior Hunian Berdasarkan Ilmu Psikologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *