Trik Untuk Mengatasi Ruangan Lembab

warm room

Dengan semakin minimnya lahan, kerap kali Anda harus menyiasati bagaimana cara agar memperoleh ruangan lebih luas. Akibatnya tidak jarang ruang terbuka yang tersisa harus dikorbankan demi memperoleh ruangan yang lebih luas. Hal ini tentu membuat cahaya matahari semakin susah masuk dan menerangi ruangan.

Sedangkan ruangan yang minim cahaya dan sirkulasi udara tentu sangat rentan mengalami kelembapan yang lebih. Memasang pendingin udara pun tidak menjadi jawaban yang tepat karena justru mengundang nyamuk datang dan bersarang, sehingga ruangan semakin menjadi tidak nyaman.

Tak perlu khawatir, jika hunian Anda memiliki ruangan semacam ini, berikut beberapa tips dan trik untuk mengatasi ruangan lembab agar menjadi lebih segar dan menyenangkan.

Atur Furniture

Di ruangan semacam ini, sebaiknya jangan memasukkan terlalu banyak furniture. Semakin banyak dan semakin besar furniture yang ada maka ruangan akan terasa semakin sesak dan sempit. Batasi jumlah dan ukuran furniture agar ruangan terasa lebih luas dan matahari dapat masuk meskipun dalam jumlah kecil.

Perhatikan Kondisi Atap

Untuk ruangan yang lembap, sebaiknya langit-langit ruangan dibuat cukup tinggi agar sirkulasi udara dapat bergerak lebih lancar. Bila perlu ganti beberapa genting dengan menggunakna fiber glass agar cahaya matahari dapat menembus masuk dari atap ruangan.

Lapisi Dinding

Di ruangan yang lembap, cat dinding dapat dengan mudah menjamur atau mengelupas. Oleh karena itu untuk mencegah munculnya jamur dan pengelupasan cat, lapisi dinding dengan cat waterproof.

Pilih Lantai Berwarna Terang

Untuk ruangan lembap sebaiknya tidak memilih keramik berwarna gelap seperti hitam, coklat, merah marun, biru tua. Hal ini juga berlaku jika Anda memasang karpet di ruangan tersebut. Pilih keramik atau karpet dengan warna yang terang, seperti putih atau kuning muda. Warna terang dapat memantulkan cahaya. Hal ini dapat membantu membuat ruangan menjadi lebih terang.

Jauhkan Dari Dapur

Jika ada ruangan lembap di hunian Anda, sebaiknya jangan posisikan dapur di dekat ruangan tersebut. Asap dan sisa bakaran yang dikeluarkan saat proses memasak dapat membuat ruangan tersebut menjadi lebih pengap dan udara juga tidak mudah mengalir.

BACA JUGA:
Usir 5 Keraguan Ini Saat Akan Membeli Properti
Mengintip Apartemen Bekas Hunian Keluarga Gwyneth Paltrow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *