Kelebihan & Kekurangan Bermukin di Perumahan Klaster

ecohouse

Perumahan klaster merupakan tipe perumahan yang dibangun berkelompok dalam satu area. Biasanya bentuk dan model rumah dibuat seragam dan terbuka tanpa pagar. Saat ini ada banyak pengembang yang menawarkan perumahan dengan konsep klaster.

Target pasar yang disasar oleh pengembang yang menawarkan konsep hunian klaster adalah masyarakat urban atau keluarga muda yang tinggal di lingkungan perkotaan. Tinggal di hunian klaster memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, simak penjelasannya berikut ini.

Kelebihan

Dengan sistem satu pintu sebagai akses keluar dan masuk, sistem keamanan di perumahan klaster umumnya lebih baik. Selain itu petugas keamanan pun berjaga 24 jam, bahkan beberapa perumahan klaster memberlakukan sistem ID card untuk mengetahui siapa saja yang masuk ke lingkungan perumahan.

Karena huniannya yang terkumpul dalam satu area maka perumahan klaster biasanya memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari taman bermain, kolam renang, dan lapangan olahraga. Dengan fasilitas lengkap tersebut perumahan klaster lebih ramah anak-anak karena anak dapat bebas bermain di taman tanpa khawatir akan kendaraan yang lalu lalang di jalan.

Selain itu konsep hunian klaster biasanya menawarkan hunian asri dan lingkungan yang hijau dengan banyaknya pohon rindang yang ditanam di sepanjang jalan. Dengan konsep hunian eksklusif ini, tentunya nilai sosial para penghuninya akan ikut terangkat karena hunian klaster terasa lebih bergengsi.

Kekurangan

Meskipun ada banyak kelebihan yang ditawarkan perumahan klaster, ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari hunian dengan konsep eksklusif ini. Para penghuni perumahan klaster biasanya merupakan kaum urban yang sibuk sehingga interaksi antar penghuni perumahan biasanya lebih rendah.

Selain itu biasanya konsep hunian klaster dengan cakupan wilayah yang luas akan memiliki banyak akses jalan penghubung sehingga untuk dapat keluar dari kompleks dibutuhkan alat transportasi dan tidak dapat dijangkau dengan jalan kaki.

BACA JUGA:
Kiat Sukses Beli Rumah Dengan Gaji Rp 5 Juta
Skandinavian, Gaya Desain Yang Jadi Tren Hunian Urban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *