Pemilihan Warna Plafon Bisa Pengaruhi Efek Interior Hunian

Colorful-Ceiling

Plafon merupakan area interior hunian yang jarang mendapat perhatian khusus. Biasanya jika ingin mendekorasi plafon, gypsum menjadi material yang banyak dipilih. Dan warna pun dibiarkan putih polos.

Padahal pemberian warna tertentu pada area plafon bisa memberikan efek yang berbeda pada interior rumah dan apartemen. Berikut beberapa pilihan warna serta efek yang dihasilkan untuk diaplikasikan pada area plafon.

Efek Visual

Pada hunian dengan plafon rendah, pilih warna-warna bernuansa dingin seperti putih, biru atau hijau muda untuk diaplikasikan pada plafon. Warna-warna tersebut akan memberikan efek visual yang lebih tinggi pada ruangan. Sedangkan untuk hunian dengan plafon tinggi, Anda dapat menggunakan warna-warna terang speerti merah, kuning atau oranye untuk memnghasilkan nuansa hangat pada interior ruangan. Namun jika Anda ingin memberikan efek yang menenangkan pada ruangan, pilih warna gelap seperti coklat rua, biru dongker, atau ungu.

Merefleksikan Cahaya

Untuk membuat ruangan tampak terang, maka Anda dapat memilh warna terang yang lembut seperti biru muda atau merah muda untuk diaplikasikan di area plafon. Untuk memberikan efek pencahayaan yang dramatis pada ruangan dengan lampu gantung yang cantik, Anda dapat memilih warna merah untuk diaplikasikan pada plafon. Namun jika ingin suasana yang memiliki kesan ringan, pilih warna-warna yang lebih gelap seperti coklat tua, biru, atau hijau botol.

Mengubah Suasana Ruang

Tanpa melakukan banyak renovasi, Anda dapat mengubah suasana ruangan hanya denngan mengganti warna plafon. Untuk ruang keluarga sederhana, Anda dapat memilih warna kuning gading, atau krem. Untuk suasana kamar tidur yang tenang, pilih warna biru muda, hijau, atau abu-abu.

BACA JUGA:
Pengamat Arsitektur Prediksi Konsep Tematik Jadi Tren 2018
Kelebihan & Kekurangan Bermukin di Perumahan Klaster

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *