Hindari Melakukan Hal Berikut Pada Hunian Tua

rumah tua

Bagi sebagian keluarga, tentu ada yang memiliki hunian atau rumah tua yang diwariskan secara turun temurun, dari buyut, ke nenek, ke orang tua, ke anak dan ke cucu. Rumah tua semacam ini tentu memiliki daya tarik tersendiri dengan desain klasik atau vintage yang menonjol.

Jika Anda kebagian mendapatkan tongkat estafet untuk merawat rumah semacam ini, tentu terpikir dalam benak untuk melakukan sedikit renovasi untuk membuatnya lebih modern. Namun dalam melakukan renovasi sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dihindari agar tidak terjadi kesalahan perhitungan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda hindari dalam merenovasi rumah tua.

Membuat Tingkat

Rumah-rumah tua yang dibangun pada jaman dahulu tentu sangat jarang yang memiliki lantai bertingkat. Kebanyakan memiliki ruang yang luas namun hanya satu lantai saja. Jika Anda berencana untuk menambah satu lantai di atasnya, sebaiknya pertimbangkan hal tersebut kembali. Pasalnya rumah-rumah tua belum tentu memiliki pondasi dasar yang cukup kokoh, meskipun secara penampilan rumah tersebut terlihat kuat.

Mengubah Penerangan

Rumah mungil dengan desain minimalis tentu akan terlihat sangat cantik jika dilengkapi dengan penerangan temaram. Namun jangan coba menerapkan hal yang sama pada rumah tua Anda. Karena hal ini justru dapat menimbulkan kesan menyeramkan. Terlebih jika rumah tersebut memiliki halaman luas dengan bermacam pepohonan rindang.

Memilih Cat Berwarna

Cat berwarna cerah sangat cocok untuk diaplikasikan pada eksterior hunian modern dengan desain minimalis. Namun hal ini tidak selalu cocok jika diterapkan pada rumah tua. Untuk tampilan eksterior rumah tua yang pas, sebaiknya pilih warna-warna seperti putih atau gading.

Menambah Pohon Dan Tanaman

Sebaiknya biarkan halaman rumah tua terbuka sehingga cahaya matahari dapat masuk dan menerangi pekarangan. Jangan menambah tanaman tinggi atau pohon pada halaman rumah tua karena akan dapat menghalangi masuknya cahaya matahari dan menimbulkan kesan suram pada rumah. Mempertahankan satu atau dua pohon besar sebagai meneduh sudah cukup. Sisanya biarkan hamparan rumput dan perdu berbunga menghiasi halaman rumah tua Anda.

Mengganti Kaca Jendela

Kaca jendela rumah tua biasanya berwarna putih dan tembus pandang. Menggantinya dengan kaca film berwarna gelap bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Jika ingin bagian dalam rumah tidak terlihat dari luar, sebaiknya pasang tirai berwarna putih tipis sebagai pelapis antara jendela dan tirai yang lebih tebal.

BACA JUGA:
Memahami Perbedaan Tiga Jenis Pembiayaan KPR Syariah
Trik Untuk Mengatasi Ruangan Lembab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *