5 Tanda Kesiapan Finansial Sebelum Membeli Rumah Idaman

uang

Tinggal di rumah sendiri tentu lebih menyenangkan karena Anda akan lebih merasa nyaman dan bebas. Selain itu memiliki rumah sendiri juga menjadi investasi masa depan yang nilainya cukup menjanjikan.

Oleh karena itu niat untuk membeli rumah tidak boleh ditunda terlalu lama. Jika Anda memiliki 5 tanda ini, maka Anda berarti sudah siap untuk membeli rumah idaman. Simak penjelasannya berikut ini.

Memiliki Pendapatan

Saat membeli rumah secara KPR, maka Anda tentu harus benar-benar yakin dapat membayar cicilan setiap bulan. Karena itu memiliki pendapatan yang dapat diandalkan tiap bulan menjadi satu dari beberapa hal yang wajib Anda miliki. Jika pendapatan sudah pasti, maka jangan ragu untuk segera membeli rumah.

Tidak Mempunyai Beban Pengeluaran Besar

Jangka waktu cicilan KPR yang panjang tentu akan sangat berpengaruh dengan kondisi finansial Anda. Karena itu memastikan bahwa kondisi keuangan Anda stabil sangatlah penting. Saat mengajukan KPR pastikan Anda tidak memiliki beban pengeluaran yang besar, misalnya cicilan mobil.

Tidak Sedang Terbelit Utang

Memiliki kondisi keuangan yang baik menjadi salah satu syarat disetujuinya permohonan KPR Anda. Jika Anda tidak sedang terbelit utang, maka kemungkinan besar pengajuan KPR Anda akan disetujui oleh pihak bank.

Memiliki Dana Darurat

Akan ada beberapa pengeluaran yang terkadang tidak dapat diperhitungkan saat membeli rumah. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki dana darudat yang cukup. Besaran dana darurat ini paling tidak empat kali nilai pengeluaran per bulan.

Mampu Membayar DP

Saat membeli rumah melalui KPR, Anda harus mengeluarkan dana untuk membayar DP sebesar 3-20 persen dari harga rumah. Jika dana ini sudah ada, maka jangan ragu untuk segera mengajukan permohonan KPR.

BACA JUGA:
Perhatikan 3 Hal Penting Ini Sebelum Beli Hunian
Hentikan 4 Kebiasaan Ini Agar Rumah Segera Terbeli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *