Trik Mudah Renovasi Hunian Agar Tak Bebani Keuangan

renovasi rumah

Saat membeli rumah maupun apartemen, selain menyiapkan dana untuk pembelian, dana lain yang harus disiapkan adalah dana renovasi. Selain renovasi tahap awal, terkadang renovasi pun dibutuhkan sebagai bagian dari perawatan hunian. Oleh karena itu faktor dana juga sangat berpengaruh pada tahap renovasi hunian tersebut.

Namun yang perlu Anda ketahui, renovasi tidak perlu dilakukan secara keseluruhan dan pada saat itu juga. Lakukan renovasi secara bertahap sesuai dengan skala prioritas yang ada. Agar tahap renovasi tidak terlalu memberatkan keuangan keluarga, berikut beberapa trik mudah yang dapat Anda terapkan untuk mengumpulkan dana renovasi.

Simpan THR dan Bonus

Manfaatkan pemasukan dari THR dan bonus untuk melakukan renovasi secara bertahap. THR dan bonus pun dapat Anda anggarkan untuk membayar pajak PBB, pajak kendaraan bermotor, dan jenis pengeluaran tahunan lainnya. Jangan tergiur untuk memakai uang THR dan bonus untuk memuaskan keinginan belanja. Cukup gunakan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berbelanja di sekali waktu.

Manfaatkan Tabungan Berjangka

Untuk dana renovasi, sebaiknya manfaatkan fasilitas tabungan berjangka agar uang tabungan Anda lebih aman tanpa potongan biaya administrasi. Selain itu jika menyimpan dana renovasi pada tabungan biasa, Anda pun akan dapat dengan mudah tergoda untuk mengambil uang tersebut saat membutuhkan dana tertentu.

Simpan Kembalian

Jangan pernah meremehkan uang receh yang biasa Anda peroleh dari kembalian saat berbelanja. Kumpulkan uang receh tersebut di satu tempat yang aman dan cek setiap enam bulan sekali. Anda tidak akan menyangka bahwa uang receh yang terkumpul tersebut dapat cukup untuk digunakan mengecat ulang dinding rumah Anda.

Berhenti Jajan

Kebiasaan jajan dan membeli rokok terlihat seperti bukan pengeluaran yang besar. Namun jika Anda melakukan hal tersebut setiap hari, maka jumlah uang yang Anda keluarkan setiap bulan untuk jajan dan rokok tentu cukup besar. Dan jika uang tersebut ditabung, tentu Anda dapat melakukan renovasi rumah.

Lakukan Renovasi Di Luar Momen Penting

Sebaiknya Anda tidak melakukan renovasi rumah di momen-momen penting, seperti saat menjelang hari raya atau tahun baru. Di saat seperti itu biasanya tukang sulit untuk dicari karena banyak orang ingin mempercantik tampilan hunian mereka. Selain itu jika Anda berhasil memperoleh tukang, hasil pengerjaannya pun tidak akan maksimal karena kemungkinan dikerjakan secara terburu-buru.

BACA JUGA:
Hindari Melakukan Hal Berikut Pada Hunian Tua
Memahami Perbedaan Tiga Jenis Pembiayaan KPR Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *