Lakukan Hal Ini Agar Sukses Beli Rumah Dalam 6 Bulan

Toy house and calculator on table close-up

Menyewa rumah sering dipilih sebagai salah satu solusi memiliki hunian sementara sebelum membeli rumah sendiri namun ingin hidup mandiri. Setelah beberapa tahun menempati rumah sewa, keinginan untuk memiliki rumah sendiri tentu muncul dan menjadi impian yang ingin diwujudkan.

Setelah mengumpulkan tabungan selama beberapa waktu, uang untuk membayar DP pun sudah terkumpul. Rumah impian yang Anda inginkan pun sudah ada di depan mata. Langkah selanjutnya adalah memulai proses pembelian rumah.

Tidak sedikit yang menganggap bahwa membeli rumah, baik secara tunai maupun KPR membutuhkan waktu yang lama karena prosesnya yang panjang. Padahal jika Anda sudah melakukan beberapa persiapan, membeli rumah dapat dilakukan hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan.

Agar proses pengajuan KPR dan pembelian rumah berjalan lancar dan prosesnya cepat, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Simak penjelasannya berikut ini.

Tentukan Kesanggupan

Membeli rumah, terutama secara KPR menuntut Anda untuk memastikan seberapa besar tingkat kesanggupan Anda dalam menentukan jumlah cicilan setiap bulan agar tidak menjadi beban keuangan keluarga. Untuk dapat mengetahui tingkat kemampuan tersebut, Anda dapat memanfaatkan kalkulator KPR yang ada di beberapa situs perbankan.

Buat Janji

Sebelum mengajukan KPR, sebaiknya buat janji dengan pemilik properti, baik pengembang maupun perorangan untuk melihat kondisi rumah yang akan Anda beli. Atur waktu yang paling tepat untuk Anda maupun pemilik properti agar proses pemeriksaan rumah dapat berjalan dengan leluasa saat Anda perlu menanyakan banyak hal.

Lakukan Pemeriksaan

Membeli rumah tidak dapat dilakukan secara sembarangan, Anda harus memastikan semuanya sesuai dengan kualitas yang dijanjikan. Saat melakukan pemeriksaan pada properti, Anda dapat mengajak seseorang yang ahli dalam bidangnya untuk membantu Anda memberikan penilaian yang obyektif.

Negosiasi Harga

Kendati beberapa developer sudah menentukan harga properti pada kisaran atau angka tertentu, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan negosiasi harga. Siapa sangka Anda dapat memperoleh harga yang lebih rendah atau mendapat diskon, cashback atau bebas biaya tambahan.

BACA JUGA:
Apartemen Skandinavia TangCity Tinggi Peminat
Unik! Rumah Ini Bisa Dibangun Hanya Dalam 6 Jam Saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *