Pastikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Beli Rumah Indent

membangun-rumahh

Tidak sedikit yang lebih memilih membeli rumah dari developer karena dianggap lebih mudah dan praktis. Namun meski demikian, developer sering memasarkan properti yang belum dibangun atau indent saat Anda membelinya.

Jika hal ini yang Anda hadapi, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan bahwa kondisi bangunan sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan dalam brosur dan ilustrasi bangunan. Simak penjelasannya berikut ini.

Lihat Dulu Pengembangnya

Pengembang yang profesional akan memastikan konsumen tidak akan merasa kecewa saat membeli properti dari mereka. Oleh karena itu sebelum memutuskan membeli rumah indent, pastikan terlebih dahulu siapa pengembang di balik proyek perumahan tersebut. Anda juga perlu memastikan pengembang memiliki izin usaha, izin membangun, serta rekam jejak dan pengalamannya.

Cek Legalitas Bangunan

Status tanah juga perlu Anda telusuri untuk mengetahui apakah status tanah dimana rumah tersebut akan berdiri telah diakui oleh bank. Biasanya status tanah dan bangunan adalah Sertifikat Hak Milik  (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).

Cek Fasum & Fasos

Salah satu indikator perencanaan perumahan yang baik dapat dilihat dari fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada di perumahan tersebut. Fasilitas-fasilitas tersebut mulai dari jalan masuk, gorong-gorong saluran air, listrik, sanitasi, dan juga ketersediaan air bersih apakah menggunakan sumur atau air PAM.

Tinjau Lokasi

Saat membeli rumah indent, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah meninjau lokasi. Hal ini untuk memastikan perkembangan infrastruktur yang ada, misalnya akses jalan, atau fasilitas umum.

BACA JUGA:
Lahan Terbatas, Hongkong Mulai Bangun Pemukiman Bawah Tanah
Lakukan Hal Ini Agar Sukses Beli Rumah Dalam 6 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *