Tips Membangun Rumah Dengan Budget Terbatas

membangun-rumah

Memiliki hunian idaman menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membanggakan. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk dapat memiliki hunian, baik membeli secara tunai atau memanfaatkan layanan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Hunian yang dibeli pun dapat berupa hunian yang sudah berdiri, maupun hunian yang masih belum terbangun dalam bentuk tanah kavling.

Sebagian orang mungkin memilih untuk membeli rumah yang sudah terbangun karena lebih mudah dan praktis. Namun sebagian lain lebih memilih membeli tanah kavling agar dapat membangun rumah dengan desain yang sesuai keinginan.

Masalahnya membangun rumah sendiri pun tidak mudah. Dibutuhkan waktu, usaha dan biaya yang cukup besar. Jika Anda ingin membangun rumah sendiri namun memiliki dana terbatas, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan seperti dijelaskan berikut ini.

Gunakan Jasa Arsitek

Anda tentu berpikir jika menggunakan jasa arsitek akan membutuhkan dana yang lebih besar karena Anda juga harus membayar biaya konsultasi. Padahal dengan menggunakan jasa arsitek, Anda dapat meminta agar arsitek dapat mendesain rumah sesuai dengan kebutuhan dan dengan budget yang disesuaikan.

Survei Harga Material

Setelah memiliki desain, maka Anda tentu sudah mengetahui estimasi kebutuhan material untuk membangun rumah. Sebelum belanja material bangunan, tidak ada salahnya untuk melakukan survey harga material di beberapa toko dan swalayan bahan bangunan. Pilih toko atau swalayan yang menawarkan harga termurah dan dengan lokasi yang tidak terlalu jauh.

Cermat Menentukan Tukang

Biaya jasa tukang merupakan salah satu pengeluaran yang cukup besar saat membangun rumah. Oleh karena itu Anda harus cermat dalam memilih tukang yang memiliki kualitas mumpuni dan harga yang sepadan. Anda dapat meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat untuk mencari tukang yang terpercaya.

Bangun Secara Bertahap

Jika dana yang Anda milik terbatas, Anda dapat membangun rumah secara bertahap. Mulai dengan lantai dasar yang sudah memiliki pondasi yang kuat jika Anda ingin membangun rumah dua lantai. Saat dana sudah tersedia, Anda dapat melanjutkan pembangunan lantai atas rumah.

BACA JUGA:
Memahami Hak Dasar Pembeli Rumah
Inspirasi Desain Apartemen Kece Untuk Mahasiswa Budget Terbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *