Tips Membangun Atap Rumah Anti Bocor

Construction worker tile roofing repair

Saat musim hujan tiba, salah satu masalah yang sering muncul pada rumah adalah atap bocor. Meskipun terkesan sepele, kebocoran atap bisa membuat kerusakan yang lebih parah jika dibiarkan, seperti lembap, berjamur, dan juga keropos.

Agar Anda tidak perlu repot menghadapi masalah atap bocor, saat membangun atap rumah ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Simak penjelasannya berikut ini.

Kemiringan Atap

Selain genting yang pecah, atap bocor juga dapat disebabkan oleh kemiringan atap yang kurang pas. Atap tidak boleh terlalu landai. Kemiringan atap sebaiknya 25-40 derajat. Jika atap memiliki kemiringan yang pas maka akan mampu menangkal air hujan yang tertiup angin sehingga tidak mudah bocor dan rembes.

Gunakan Pelapis Atap

Untuk menghindari air mengalir masuk ke celah atap sebaiknya pasang pelapis di bagian bawah genting. Untuk pelapis atap gunakan material plastik atau aluminium foil. Pelapisan atap sering kali diaplikasikan jika terdapat genting yang pecah.

Pengecekan Rutin

Untuk menghidari masalah dan potensi kerusakan yang lebih besar, sebaiknya lakukan pengecekan secara rutin pada rangka atap. Jika Anda menemukan kayu rangka atap yang rusak, segera perbaiki dan ganti dengan yang baru.

Talang Atap

Kebocoran atap juga sering muncul pada bagian talang. Oleh karena itu pilih talang dengan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan jumlah air yang masuk. Agar pemasangan talang tepat, Anda dapat menggunakan jasa tukang talang yang sudah berpengalaman.

BACA JUGA:
Penyerapan Apartemen Premium Masih Tinggi
Rayakan Ulang Tahun PP Properti Ground Breaking 7 Proyek Sekaligus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *