Agar Tak Salah Pilih, Kenali Ragam Tipe Apartemen

gedung apartemen

Saat memutuskan untuk membeli apartemen, maka Anda sudah mengambil keputusan besar yang tidak boleh dieksekusi secara sembarangan. Perlu waktu dan juga riset pasar yang tepat agar Anda tidak membeli apartemen yang salah, baik untuk hunian pribadi maupun untuk investasi.

Sama seperti rumah tapak, apartemen juga memiliki tipe unit yang beragam. Setiap tipe unit memiliki beberapa kriteria dan ciri khas masing-masing. Agar tak salah pilih, simak dan kanali ragam tipe apartemen berikut ini.

Loft

Memiliki langit-langit yang tinggi, tipe loft biasanya memiliki ruang yang mirip dengan loteng yang biasa dimanfaatkan sebagai area tambahan, seperti kamar tidur. Luas loft biasanya tidak begitu besar namun dengan tinggi ruangannya, maka dapat dimanfaatkan sebagai area tambahan.

Studio

Tipe studio merupakan salah satu tipe yang cukup umum dan banyak dipasarkan di beragam proyek apartemen. Apartemen ini merupakan tipe favorit bagi kaum pekerja muda yang tinggal di ibukota. Dengan luas 18-20 meter persegi, apartemen ini memiliki satu ruangan luas tanpa sekat dan sebuah kamar mandi.

Alcove

Apartemen tipe Alcove sebenarnya hampir mirip dengan apartemen tipe studio, dengan luas tidak lebih dari 20 meter persegi. Namun yang membedakan hanya bentuk ruangannya yang berbentuk L dimana ruang dengan bagian yang lebih kecil biasa dimanfaatkan sebagai area tempat tidur.

Convertible

Apartemen tipe convertible ini biasanya banyak didesain untuk pemilik apartemen yang ingin menggabungkan kamar dengan ruang tengah yang dibatasi dengan dinding yang juga berfungsi sebagai ruang penyimpanan. Area tengah pun biasanya dapat diubah menjadi area makan jika salah satu perabotnya digeser.

1BR & 2BR

Jika memiliki ruang tidur yang terpisah sekat, maka luas apartemen biasanya sedikit lebih besar, misalnya 1 bedroom atau 2 bedroom. Ruangan apartemen ini biasanya terdiri dari ruang tengah yang luas, satu atau dua kamar tidur dengan sekat, dan sebuah kamar mandi.

Duplex & Triplex

Apartemen duplex dan triplex memiliki kriteria yang mirip dengan rumah tapak bertingkat. Terdapat lantai kedua maupun ketiga yang dimanfaatkan sebagai kamar tidur dan ruang keluarga.

Classic Six

Apartemen tipe Classic Six sebenarnya lebih banyak ditemukan di kawasan Eropa dan Amerika. Apartemen ini merupakan apartemen yang dibangun di dalam gedung tua dengan luas ruangan yang besar, tiga kamar tidur, dan sebuah dapur yang cukup besar.

BACA JUGA:
Nyaman Tinggal di Apartemen Studio Nan Mungil
Pilihan Apartemen di Bogor Kian Beragam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *