Strategi Penting Saat Beli Rumah Pertama Part I

beli properti

Membeli rumah ataupun apartemen merupakan langkah besar yang diambil dengan penuh pertimbangan, baik itu dibeli secara tunai maupun melalui fasilitas KPR. Membeli rumah bukanlah perkara sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah, terutama jika Anda belum memiliki pengalaman terhadap transaksi jual beli properti.

Minimnya pengalaman ini biasanya dihadapi oleh pembeli rumah pertama. Agar tidak salah langkah, simak strategi penting yang harus Anda pahami untuk membeli rumah pertama seperti dijelaskan berikut ini.

Pilih Lokasi

Lokasi merupakan faktor terpenting saat membeli rumah maupun apartemen. Pasalnya lokasi dapat mempengaruhi kenyamanan, serta harga dari properti itu sendiri. Lokasi properti yang ideal adalah yang dekat dengan fasilitas umum, bebas banjir, serta memiliki akses transportasi umum yang memadai.

Siapkan Dana

Saat membeli rumah, biaya yang harus dibayarkan tidak hanya harga rumah, tetapi juga beberapa biaya tambahan lain seperti uang tanda jadi, uang muka, dan angsuran jika rumah dibeli secara KPR. Oleh karena itu siapkan dana lebih agar Anda tidak kaget saat akan membeli rumah.

Verifikasi Pengembang

Jika Anda membeli rumah atau apartemen, Anda tentu akan berhubungan dengan pengembang. Agar tidak tertipu oleh pengembang yang abal-abal, pastikan pengembang properti merupakan pengembang yang kredibel dan memiliki pengalaman dalam dunia properti setidaknya lima tahun.

Periksa Harga Pasar

Agar mendapatkan harga terbaik, melakukan survey terhadap harga pasar properti di lokasi tertentu sangatlah penting. Jangan terburu-buru mengambil keputusan tanpa mengetahui harga pasaran properti di kawasan tersebut.

Fasilitas

Anda juga wajib memastikan kepada pengembang fasilitas apa saja yang ditawarkan kepada para penghuni perumahan atau apartemen. Anda dapat berkeliling di sekitar lokasi perumahan atau di kawasan gedung apartemen untuk mengetahui fasilitas-fasilitas tersebut. Fasilitas yang biasanya ditawarkan pengembang meliputi tempat ibadah, tempat olahraga, taman bermain, atau yang lainnya.

BACA JUGA:
Pertimbangkan Kriteria Ini Saat Beli Rumah Kedua
Perhatikan Hal Ini Saat Beli Hunian di Kawasan Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *