Strategi Penting Saat Beli Rumah Pertama Part II

membeli properti

Membeli rumah ataupun apartemen merupakan langkah besar yang diambil dengan penuh pertimbangan, baik itu dibeli secara tunai maupun melalui fasilitas KPR. Membeli rumah bukanlah perkara sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah, terutama jika Anda belum memiliki pengalaman terhadap transaksi jual beli properti.

Minimnya pengalaman ini biasanya dihadapi oleh pembeli rumah pertama. Agar tidak salah langkah, simak strategi penting yang harus Anda pahami untuk membeli rumah pertama seperti dijelaskan berikut ini.

Dapatkan Persetujuan KPR

Jika Anda berencana membeli rumah dengan memanfaatkan fasilitas KPR, maka Anda tentu harus mengajukan permohonan KPR ke bank terkait. Agar pengajuan KPR Anda lebih mudah disetujui oleh bank, lakukan langkah-langkahnya berikut ini.

Cari Tenor yang Sesuai

Dalam program KPR, bank menawarkan tenor mulai dari lima hingga dua puluh lima tahun. Tenor ini tergantung kondisi keuangan masing-masing orang. Untuk menghindari kredit macet di kemudian hari, jangan memaksakan untuk mengambil tenor pendek. Sesuaikan tenor dengan kemampuan finansial Anda agar besar angsuran tidak menjadi beban.

Periksa Surat Pembelian Tanah

Sebelum membeli rumah maupun apartemen, Anda berhak menanyakan surat pembelian tanah terkait. Hal ini merupakan hak konsumen untuk mengetahui sertifikat tanah yang dikantongi pengembang. Anda juga dapat memeriksa sertifikat tanah melalui notaris.

Pastikan Kapan Serah Terima Dilakukan

Sebelum semua proses berjalan, satu hal lagi yang perlu untuk dipastikan, yakni kapan serah terima unit dilakukan, baik untuk rumah tapak maupun apartemen. Tanyakan pula pada pengembang bagaimana jika terjadi keterlambatan atau ketidaksesuaian dengan tanggal yang dijanjikan. Apakah nanti ada konsekuensi yang harus diterima pengembang dan sebagainya.

BACA JUGA:
Strategi Penting Saat Beli Rumah Pertama Part I
Pertimbangkan Kriteria Ini Saat Beli Rumah Kedua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *