Akan Ada Lebih Banyak Bank Pengalur KPR Subsidi di Tahun 2018

rumahmurah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) merupakan lembaga resmi yang menjadi penyalur serta pengelola dana investasi pemerintah untuk pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dalam programnya, pemerintah memfasilitasi masyarakat untuk memiliki rumah layak huni melalui KPR subsidi.

Jika sebelumnya jangkauan penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) hanya dilakukan oleh beberapa bank tertentu, kini jangkauannya telah diperluas dengan menggandeng lebih banyak perbankan serta lembaga pembiayaan.

Di tahun 2018 mendatang, akan ada 40 bank pelaksana yang akan turut andil dalam menyalurkan KPR FLPP setelah ditanda tanganinya perjanjian kerjasama yang dilakukan di kantor Kemenpupera pada Kamis, 21 Desember 2017 lalu.

Dari total 40 bank yang bergabung, enam di antaranya merupakan bank nasional dan 34 sisanya merupakan bank pembangunan daerah (BPD). Kendati sudah ada banyak bank yang menandatangani nota kesepahaman untuk menyalurkan KPR subsidi, namun hingga saat ini hanya Bank BTN yang mampu merealisasikan 95 persen penyaluran.

Dengan lebih banyak lembaga keuangan maupun bank yang bergabung dalam program ini, diharapkan akan lebih banyak pembiayaan yang disalurkan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:
Strategi Penting Saat Beli Rumah Pertama Part II
Strategi Penting Saat Beli Rumah Pertama Part I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *