5 Tanda Kesiapan Finansial Sebelum Membeli Rumah

budget

Memiliki rumah atau apartemen sebagai tempat tinggal menjadi salah satu impian bagi banyak orang. Demi dapat membeli rumah impian, tidak jarang orang akan berusaha semaksimal mungkin agar dana yang dimiliki segera terkumpul.

Meskipun dana sudah tersedia, terkadang orang juga masih dapat merasa ragu apakah nanti mereka dapat benar-benar membeli rumah, terutama jika rumah tersebut dibeli secara kredit. Simak 5 tanda kesiapan finansial sebelum membeli rumah berikut ini.

Memiliki Pendapatan

Saat membeli rumah secara kredit maka Anda harus memiliki dana untuk membayar uang cicilan setiap bulannya. Oleh karena itu jika memutuskan untuk menggunakan fasilitas KPR untuk membeli rumah, maka penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki pendapatan yang dapat diandalkan dan stabil.

Tidak Sedang Memiliki Pengeluaran Besar

Dengan jangka waktu KPR yang panjang, hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada kondisi keuangan. Karena itu, pastikan Anda berada dalam situasi finansial yang stabil dan tidak memiliki pengeluaran besar, seperti cicilan mobil, dan yang lainnya.

Tidak Terbelit Utang

Kondisi keuangan yang stabil adalah salah satu syarat disetujuinya permohonan KPR. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak sedang terbelit hutang pada bank. Bank akan dengan mudah meloloskan pengajuan KPR jika Anda tidak sedang dalam masa berhutang pada bank.

Memiliki Dana Darurat

Saat membeli rumah, tidak jarang Anda dituntut untuk mengeluarkan dana tak terduga diluar perhitungan. Oleh karena itu memiliki dana darurat setidaknya empat kali nilai pengeluaran per bulan sangat disarankan.

Mampu Membayar DP

Syarat membeli rumah secara KPR adalah mampu membayar DP. Besarnya DP tergantung pada kebijakan masing-masing bank, mulai dari 3 hingga 20 persen dari harga rumah. Namun perlu diingat bahwa semakin besar DP, maka akan semakin ringan nilai cicilannya.

BACA JUGA:
Akan Ada Lebih Banyak Bank Pengalur KPR Subsidi di Tahun 2018
Strategi Penting Saat Beli Rumah Pertama Part II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *