Tips Membeli Properti Sebagai Investasi

investasi2

Setelah berhasil membeli rumah atau apartemen sebagai tempat tinggal, tidak sedikit yang tertarik untuk kembali membeli properti sebagai bentuk investasi. Pasalnya investasi properti saat ini masih menjadi bentuk investasi yang dapat dipercaya dan juga strategis karena aset dapat terus berkembang.

Selain sebagai bentuk investasi dnegan nilai aset yang terus berkembang, tidak sedikit pula yang membeli properti untuk menjalankan sewa properti. Hal ini merupakan salah satu bidikan para investor yang ingin mendapatkan hasil dari bisnis sewa properti, seperti rumah dan apartemen.

Jika Anda berencana untuk membeli properti sebagai aset maupun untuk menjalankan bisnis sewa properti, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Simak penjelasannya berikut ini.

Pilih Lokasi Prospektif

Properti dengan lokasi prospektif tidak harus selalu mahal maupun murah. Namun yang terpenting adalah kemampuan Anda dapat menilai wilayah mana yang di masa datang akan lebih diminati lebih banyak orang. Pilih properti yang berada di kawasan yang dekat dengan sarana umum, mulai dari transportasi, sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan.

Pertimbangkan Lokasi di Luar Area Tempat Tinggal

Untuk alasan kepraktisan, tidak sedikit yang membeli properti untuk investasi yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal. Namun dengan lokasi yang dekat dengan tempat tinggal tidak menjadi jaminan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi yang prospektif. Jangan ragu untuk melirik area yang lebih luas jika memang lokasi tersebut jauh lebih prospektif.

Lakukan Riset Pasar

Jika Anda akan membeli properti tersebut untuk kemudian disewakan, maka Anda perlu mempelajari tren pasar terkini. Hal ini penting agar Anda lebih memahami potensi keuntungan serta kerugian yang ada. Anda juga dapat berkonsultasi dengan para ahli.

Jangan Terlalu Berambisi

Dalam menjalankan bisnis, Anda dituntut untuk tekun, tetapi juga sabar. Jangan terlalu berambisi untuk mendapatkan untung yang besar. Jika Anda salah menentukan tarif sewa, bukan keuntungan yang akan Anda dapatkan, justru malah kerugian karena tidak ada penyewa yang kunjung datang.

BACA JUGA:
Potensi Sektor Properti Pada Wilayah Penyangga Jakarta
Hasil Survei Terbaru, Milenial Masih Bisa Beli Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *