Tips Penting Beli Apartemen Secara Kredit Part I

Ilustrasi beli apartemen

Apartemen menjadi alternatif tempat tinggal yang tepat bagi Anda yang mencari hunian dengan lokasi yang strategis namun dengan harga yang tidak terlalu mahal. Selain itu apartemen juga banyak menawarkan kemudahan bagi penghuninya, mulai dari fasilitas dan juga keamanan.

Meskipun harga apartemen relatif lebih murah dibanding rumah tapak, namun tidak semua orang dapat membeli apartemen secara tunai. Jika Anda berencana untuk membeli apartemen secara kredit, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Simak penjelasannya berikut ini.

Kalkulasi Besar Dana Yang Dibutuhkan

Sangat penting untuk mengetahui besarnya angka pokok pinjaman saat Anda hendak membeli rumah secara kredit. Untuk mengetahui nilainya, Anda dapat menghitung harga apartemen dan kemudian dikurangi dengan uang muka.

Hitung Besar Tabungan & Harta Lain

Anda juga perlu mengetahui besarnya harta dan tabungan yang Anda miliki. Harta biasanya dibagi menjadi dua kategori berdasarkan likuiditasnya, yakni harta yang mudah diuangkan dan yang membutuhkan waktu lama untuk dapat dicairkan menjadi uang.

Bandingkan Aset yang Dimiliki dengan Harga Apartemen yang Dibeli

Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui besarnya kolom aset yang dimiliki setelah apartemen berhasil dibeli.

Mengumpulkan Data Pendapatan

Untuk mengetahui kemampuan mencicil, Anda perlu menghitung besarnya pemasukan, mulai dari pemasukan utama, hingga pemasukan sampingan. Joint Income atau pendapatan gabungan juga perlu dihitung. Namun perlu diperhatikan agar tidak membuat data yang terlalu melenceng dari kenyataan.

Mengumpulkan Data Pengeluaran

Setelah data pendapatan lengkap, Anda juga perlu membuat data pengeluaran. Catat semua pengeluaran, mulai dari pengeluaran bulanan, hingga pengeluaran tahunan. Anggarkan juga dana pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terduga.

BACA JUGA:
Mana Yang Lebih Menarik? Hunian Modern atau Minimalis
Tips Membeli Properti Sebagai Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *