Tips Penting Beli Apartemen Secara Kredit Part II

Membeli apartemen

Apartemen menjadi alternatif tempat tinggal yang tepat bagi Anda yang mencari hunian dengan lokasi yang strategis namun dengan harga yang tidak terlalu mahal. Selain itu apartemen juga banyak menawarkan kemudahan bagi penghuninya, mulai dari fasilitas dan juga keamanan.

Meskipun harga apartemen relatif lebih murah dibanding rumah tapak, namun tidak semua orang dapat membeli apartemen secara tunai. Jika Anda berencana untuk membeli apartemen secara kredit, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Simak penjelasannya berikut ini.

Cari Infromasi Bank Penyalur KPA

Ada banyak bank yang menyalurkan KPR, namun tidak semua bank penyalur KPR juga menyalurkan dana untuk KPA. Oleh karena itu cari informasi mengenai bank mana saja yang menyediakan layanan KPA untuk para nasabah.

Buat Perbandingan Antar Bank Penyalur KPA

Setelah mengetahui bank mana saja yang menyalurkan KPA, langkah selanjutnya yakni membandingkan hal-hal yang berkaitan dengan KPA dari bank-bank tersebut, mulai dari persyaratan, suku bunga, penalti, serta biaya-biaya lainnya.

Kedekatan Dengan Bank

Rekam jejak hubungan dengan bank juga akan sangat berpengaruh pada keberhasilan Anda untuk lolos pengajuan KPA. Maka pertimbangkan pula hubungan kedekatan Anda dengan bank terkait sebelum mengajukan permohonan KPA.

Pilih Notaris Terpercaya

Saat mengajukan KPA, tidak jarang bank akan menyarankan notaris rekanan bank. Namun tidak menutup kemungkinan Anda dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan jasa notaris yang Anda percaya.

Persiapankan Kemungkinan Terburuk

Saat Anda telah berhasil lolos dalam pengajuan KPA, maka Anda tentu sudah mengemban tanggung jawab untuk dapat menyelesaikan cicilan. Jika di kemudian hari ada hal yang membuat Anda tidak mampu melanjutkan cicilan, maka Anda perlu menyiapkan pilihan untuk menjual apartemen secara lelang atau mencari teman, keluarga, atau rekanan yang dapat meneruskan melalui oper kredit.

BACA JUGA:
Tips Penting Beli Apartemen Secara Kredit Part I
Mana Yang Lebih Menarik? Hunian Modern atau Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *