Tips Siasati Ruang Apartemen yang Sempit

Ilustrasi Interior Apartemen
Ilustrasi Interior Apartemen

Apartemen adalah hunian yang kini banyak menjadi pilihan bagi kaum urban. Namun tidak semua orang mampu membeli apartemen dengan ruangan yang luas dengan pertimbangan harga. Sehingga sebagian orang memilih untuk membeli apartemen dengan luas yang tergolong minim. Hal tersebut tidak menjadi masalah jika Anda mampu menyiasati ruangan apartemen yang sempit agar nampak lega dan lebih leluasa.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan guna membuat ruangan apartemen yang sempit agar tampak lebih luas.

Penataan Ruang

Terlalu banyak sekat akan membuat apartemen berkesan semakin sempit. Anda dapat menggabungkan ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan dan dapur di satu area. Pisahkan masing-masing ruangan dengan menggunakan sekat tidak permanen atau menggunakan beberapa jenis furniture yang dapat digunakan sebagai pengganti sekat. Hal ini akan memberikan kesan luas dan terbuka namun tetap elegan dan estetis.

Pemilihan Furniture

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pemilihan furniture dapat berpengaruh banyak terhadap kesan sebuah ruangan. Pilih beberapa jenis furniture yang tidak permanen dan bersifat multi fungsi, misalnya rak buku yang juga dapat menjadi sekat antar ruang keluarga dan dapur atau meja yang memiliki tempat penyimpanan di bawahnya. Jangan memilih furniture dengan ukuran yang terlalu besar karena akan memberikan kesan sempit pada ruangan.

Bermain Warna

Aplikasikan cat berwarna cerah di dinding apartemen Anda. Warna-warna terang seperti hijau, biru, pink, kuning atau pastel dengan warna putih. Perpaduan warna tersebut dapat mengubah kesan sempit ruangan menjadi lebih luas dan bersih. Selain itu penggunaan warna dinding yang berbeda secara visual juga dapat menunjukkan antara area yang terpisah.

Atur Pencahayaan

Selain bermain dengan warna, pencahayaan juga dapat mempengaruhi kesan luas atau sempitnya suatu ruangan. Jika ingin ruangan terkesan luas, pastikan cahaya yang ada di ruangan tersebar secara merata, karena semakin terang ruangan, kesan luas akan semakin terasa. Agar suasana apartemen menjadi lebih hangat, Anda dapat menggunakan lampu berwarna kuning terang.

Maksimalkan Setiap Sudut

Beberapa desain apartemen memiliki sudut-sudut kecil yang tidak dapat diubah. Jika Anda memiliki apartemen dengan tipe demikian, maka jangan biarkan sudut tersebut kosong tanpa fungsi. Sudut ruangan yang tersisa tersebut dapat digunakan untuk meletakkan perabot seperti lemari, rak buku, atau sebagai ruang penyimpanan. Anda juga dapat menggunakan balkon atau ruang terbuka yang tersedia sebagai ruang bersantai atau membaca buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *