Pertimbangkan Hal Ini Saat Akan Beli Hunian

Membeli apartemen

Hunian, baik rumah maupun apartemen merupakan satu dari beberapa kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu membeli hunian harus dilakukan dengan tepat agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Keamanan dan kenyamanan merupakan dua hal yang sering menjadi bahan pertimbangan saat membeli hunian. Selain itu ada beberapa hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli hunian. Simak penjelasannya berikut ini.

Siapkan Dana Ekstra

Selain besarnya nilai atau harga hunian, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dana ekstra saat membeli hunian. Jika Anda membeli secara kredit, baik melalui KPR maupun KPA, maka Anda terlebih dahulu harus menyiapkan uang muka. Selain itu ada beberapa dana lain yang juga harus disiapkan, misalnya biaya bank, biaya notaris, dan pajak.

Kriteria Hunian

Dalam menentukan kriteria hunian, hendaknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan. Prioritaskan hunian yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya memiliki akses yang baik, bebas polusi dan memiliki lingkungan yang tenang, atau dekat dengan pusat kota.

Proses Pembelian

Perlu diketahui bahwa proses pembelian rumah maupun apartemen membutuhkan waktu yang panjang, bahkan hingga berbulan-bulan, terutama jika Anda membeli melalui KPR. Pasalnya bank membutuhkan waktu yang panjang untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk meminjam KPR.

Tanggungan Lain

Dalam menilai kemampuan keuangan Anda, bank tidak hanya melihat besarnya pemasukan yang Anda peroleh. Bank akan memperhatikan pengeluaran, serta tanggungan lain yang Anda miliki, misalnya kredit kendaraan yang masih berjalan, biaya sekolah anak, atau yang lainnya.

BACA JUGA:
Aman & Mudah Miliki Hunian Pasca Menikah
Mengapa Perumahan Klaster Lebih Jadi Favorit?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *