Memilih Lokasi Investasi Properti Terbaik

Ilustrasi membeli properti1

Lokasi merupakan faktor utama dalam menentukan pembelian maupun sewa rumah atau apartemen. Tidak hanya pengguna atau end user, para investor juga sangat memperhatikan lokasi properti saat akan berinvestasi.

Pasalnya lokasi akan sangat berpengaruh pada kesuksesan investasi yang ditanamkan. Untuk mengetahui apakah suatu properti berada di lokasi terbaik, ada beberapa hal yang menjadi ciri lokasi prospektif, simak penjelasannya berikut ini.

Menjadi Titik Tujuan Arus Manusia

Lokasi yang prospektif merupakan lokasi dengan arus masuk yang lebih besar dari arus keluar. Dengan demikian maka kawasan tersebut berarti menjadi tujuan arus manusia yang secara otomatis juga menjadi arus tujuan barang. Biasanya kawasan ini merupakan kawasan industri atau pendidikan.

Akses Mudah ke Pusat Kota

Jika lokasi tersebut bukan merupakan pusat kota, pertimbangan lain yang penting untuk diperhatikan adalah akses menuju pusat kota. Kawasan yang menjadi area penting biasa disebut kawasan penyangga. Jika area tersebut memiliki akses yang baik menuju dan dari pusat kota, maka area ini masih termasuk dalam area prospektif.

Merupakan Kawasan Favorit

Properti dengan lokasi terbaik adalah properi yang berada di kawasan pilihan atau lokasi yang banyak difavoritkan, baik oleh end user maupun investor. Kawasan favorit biasanya banyak dipilih oleh masyarakat kelas menengah atas dengan capital gain yang besar.

Kawasan Baru & Berkembang

Jika kawasan tersebut bukan kawasan favorit, maka penentu lain yang dapat dijadikan pertimbangan adalah apakah kawasan tersebut merupakan kawasan baru yang potensial untuk berkembang. Kawasan ini masuk dalam kategori sunrise property, yakni kawasan baru yang berkembang dan memiliki kondisi ekonomi yang stabil.

BACA JUGA:
Pertimbangkan Hal Ini Saat Akan Beli Hunian
Aman & Mudah Miliki Hunian Pasca Menikah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *