Tips Redam Suara Bising Di Apartemen Berdesain Terbuka Tanpa Sekat

open floor

Untuk sebuah unit apartemen dengan luas ruangan yang tidak terlalu besar, desain ruangan tanpa sekat atau open floor banyak menjadi pilihan untuk menghadirkan kesan luas dan simple. Biasanya konsep open floor ini menggabungkan tiga fungsi ruang sekaligus tanpa adanya sekat permanen, yakni ruang keluarga, dapur dan meja makan.

Meskipun dapat memberikan kesan luas dan simple, namun desain ini pun memiliki kelemahan pada penerapannya yakni rawan suara bising. Suara bising dapat muncul saat suara memasak, obrolan keluarga dan suara televisi bercampur menjadi satu. Jika tidak disiasati dengan baik maka kenyamanan di masing-masing ruangan justru dapat hilang.

Oleh karena itu berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika mengalami masalah yang sama di hunian dengan konsep open floor.

Amati Bentuk Ruangan

Sebelum memutuskan untuk mendesain ruangan tanpa sekat, hal utama yang perlu diperhatikan adalah bentuk ruangan. Jika enggan menggunakan karpet atau tirai sebagai peredam, Anda dapat mendesain plafon yang lebih rendah pada satu bagian ruangan. Hal ini dapat membantu menyerap suara.

Selain itu jika terdapat celah antara dua ruangan , Anda dapat menggunakan hiasan bermaterial kayu untuk membantu meredam suara.

Pertimbangkan Dinding, Plafon dan Lantai

Jeli memanfaatkan celah dan elemen di ruangan dapat membantu Anda untuk menyisipkan peredam suara yang juga memiliki fungsi lain. Misalnya Anda dapat menyandarkan rak buku pada dinding. Deretan buku yang Anda letakkan di rak tersebut dapat berfungsi sebagai penyerap suara yang baik. Sedangkan pada lantai, Anda dapat memasang karpet lebar dengan material yang dapat menyerap suara.

Memanfaatkan Material Berbahan Kain

Jika ruangan berdesain open space di hunian Anda masih memiliki ruang yang cukup luas, Anda dapat menambahkan beberapa perabot, karpet, atau tirai dengan desain yang cantik yang dapat berfungsi sebagai penghias ruangan sekaligus peredam suara. Selain itu Anda juga dapat menambahkan beberapa bantal di area ruang keluarga dan lukisan berbahan kain kanvas sehingga dapat berfungsi sebagai peredam suara bising.

Kesan Buka-Tutup Antar Ruangan

Jika dengan beberapa trik di atas suara bising masih juga belum dapat diredam dengan baik, maka pilihan terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan kesan buka-tutup pada ruangan tersebut. Anda dapat memasang pintu geser dengan material bingkai kayu dan kaca yang memisahkan area ruang keluarga dan dapur sehingga.

BACA JUGA:
Mengulik Apartemen Berdesain Unik Milik Pharrell Williams
Sambut Lebaran Dengan Sentuhan Manis Di Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *