Pemanfaatan Lahan Sepanjang Rel Kereta Sebagai Rumah Deret Sewa

rumahh

Saat ini lahan yang ada di pusat kota semakin mahal dan tidak terjangkau, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Agar masyarakat golongan MBR dapat tetap tinggal tidak jauh dari pusat kota, Kemenpupera mengusulkan pemanfaatan lahan sepanjang rel kereta untuk dibangun rumah deret sewa.

Usulan ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Khalawi Abdul Hamid. Selain ditujukan untuk memberi kesempatan masyarakat golongan MBR untuk dapat tinggal dekat dengan pusat kota, ide ini juga dianggap dapat mencegah munculnya kawasan kumuh di ibukota.

Agar ide ini dapat segera diwujudkan, pihak Kemenpupera akan segera melakukan komunikasi dengan manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) guna melakukan pendataan lokasi mana saja yang dapat dimanfaatkan untuk rumah deret sewa. Nantinya pembangunan dapat dilakukan baik oleh pihak pemerintah melalui Kementerian PUPR atau swasta setelah adanya kesepakatan dengan pihak PT KAI.

Jika rencana program penataan lingkungan sepanjang rel kereta disepakati, maka tidak akan ada lingkungan kumuh yang dibangun secara liar oleh masyarakat. Dengan demikian, lahan sepanjang rel kereta akan tampak lebih rapi dan tertata.

BACA JUGA:
Strategi Beli Rumah Agar Tak Terus Mengontrak
Siapkan Biaya Wajib Ini Saat Beli Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *