Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Beli Rumah Seken

Membeli apartemen

Membeli rumah maupun apartemen yang tepat bukanlah hal yang mudah. Pasalnya menemukan hunian yang cocok tentu membutuhkan waktu dan juga ketelitian dalam pencariannya.

Rumah atau apartemen baru sering menjadi pilihan saat ingin membeli rumah. Namun jika tidak menemukan yang tepat, Anda dapat beralih untuk mencari rumah seken. Saat berencana membeli rumah seken, ada lima hal yang tidak boleh diabaikan. Simak penjelasannya berikut ini.

Fisik Bangunan

Sangat penting untuk memperhatikan setiap sudut yang ada, baik dalam maupun luar. Jangan tertipu dari penampilan luarnya saja, ada banyak hal yang harus dipastikan agar Anda tidak rugi di kemudian hari, mulai dari dinding, lantai, pintu, jendela, dan saluran air.

Sumber Air Bersih

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama. Karenanya kondisi air harus diperiksa dengan seksama. Jika menggunakan sumur pompa, pastikan jarak antara sumur dan tanki septik sekitar 10 meter.

Listrik

Selain air, Anda juga perlu memeriksa ketersediaan listrik untuk memenuhi kebutuhan elektronik yang Anda miliki. Pastikan daya yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Periksa juga apakah ada kondisi instalasi dan kabel listrik untuk mengetahui adanya potensi korslet yang dapat memicu kebakaran.

Lingkungan Sekitar

Membeli rumah berarti Anda juga harus memastikan bahwa lingkungan yang ada sudah memenuhi standar kriteria yang Anda miliki. Misalnya jalan yang cukup lebar, ketersediaan penerangan, keamanan, serta bebas banjir.

Kelengkapan Surat

Hal terakhir yang juga tidak boleh diabaikan adalah kelengkapan surat, mulai dari IMB, SHM, dan sertifikat tanah. Pastikan semuanya lengkap dan bebas dari masalah sengketa.

BACA JUGA:
Sistem Konstruksi Asal Cina Diklaim Mampu Tekan Harga Hunian
Pemanfaatan Lahan Sepanjang Rel Kereta Sebagai Rumah Deret Sewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *