Tips Memilih Bank Agar Lancar Cicil KPR

KPR-Syariah

Tidak jarang orang memilih untuk memanfaatkan fasilitas KPR untuk dapat membeli hunian. Pasalnya membeli rumah secara cash membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang dan ditambah lagi dengan kenaikan harga hunian yang terus menanjak.

Membeli rumah atau apartemen dengan memanfaatkan fasilitas KPR membutuhkan tekad dan niat yang kuat. Agar lancar membayar cicilan KPR, ada beberapa tips penting untuk memilih bank yang tepat. Simak penjelasannya berikut ini.

Mulailah dengan memilih bank yang paling tepat. Bank haruslah memiliki kredibilitas dapat menyalurkan kredit. Jika memungkinkan, pilihlah bank yang memiliki kerja sama dengan pihak developer. Dengan demikian proses administrasi akan berjalan lebih lancar.

Selain itu bank yang Anda pilih haruslah memiliki suku bunga KPR yang wajar. Kondisi suku bunga perbankan sangat fluktuatif. Akan sangat membantu jika bank tersebut mematok bunga fixed atau tetap dalam kurun waktu tertentu.

Untuk mempersiapkan besaran cicilan tiap bulannya, Anda dapat menghitung cicilan kredit dengan menggunakan perkiraan bunga sebesar 10-20%. Dengan demikian Anda sudah memiliki dana cadangan saat suku bunga tiba-tiba naik.

Agar cicilan tidak memberatkan kondisi keuangan Anda, maka pilih jangka waktu kredit yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan mengambil jangka waktu yang pendek namun besarnya cicilan malah menjadi beban dalam keuangan Anda.

BACA JUGA:
Tahapan Pengajuan KPR Rumah Seken
Lokasi Terbaik Untuk Memulai Investasi Properti di Tahun 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *