Kesalahan Yang Perlu Dihindari Saat Beli Hunian

asuransi hunian

Membeli rumah atau apartemen harus dilakukan dengan teliti dan penuh pertimbangan. Jika tergesa-gesa dan salah langkah, maka penyesalan dan kerugianlah yang akan didapat. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan hal-hal krusial saat membeli rumah atau apartemen.

Agar Anda tidak melakukan kesalahan saat membeli rumah. Simak beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membeli rumah dan agar Anda dapat mengantisipasinya, seperti dijelaskan berikut ini.

Tidak Mengamati Lingkungan Sekitar

Jangan terburu bernafsu saat mendapatkan penawaran menarik dengan harga yang murah. Anda perlu memperhatikan lingkungan sekitarnya terlebih dahulu. Lakukan survei dengan datang langsung ke lokasi untuk mengetahui fasilitas yang ada, kondisi lingkungannya, dan bagaimana penduduk di sekitarnya.

Mengambil KPR dengan Tenor Singkat

Tentu Anda tidak ingin berlama-lama memiliki hutang pada bank. Namun jangan memaksakan mengambil tenor yang singkat untuk membeli rumah melalui KPR. Pasalnya jika tenornya singkat maka cicilannya akan sangat besar. Hal ini dapat mengganggu kondisi keuangan Anda karena ada banyak kebutuhan lain yang perlu dipenuhi, seperti biaya sekolah anak, asuransi, dan yang lainnya.

Percaya Janji Lisan

Sebagai transaksi yang nilainya besar dan berlangsung dalam waktu yang lama, maka pastikan semua kesepakatan dan janji dibuat secara tertulis dan ditandatangani di atas materai. Jika ada hal-hal kecil yang dijanjikan pihak developer, maka sebaiknya catat semuanya dalam akta jual beli.

Tidak Menyiapkan Biaya Tak Terduga

Selain uang tanda jadi dan DP, Anda juga harus menyiapkan dana tambahan untuk pengeluaran yang tidak terduga. Pasalnya saat membeli rumah akan ada biaya tambahan mulai dari biaya aplikasi, biaya materai, biaya legal, serta pajak lainnya.

Tidak Diasuransikan

Asuransi untuk hunian memang terkesan sepele padahal sangat penting untuk mengasuransikan hunian untuk mengantisipasi adanya bencana, mulai dari kebakaran atau kerusakan akibat bencana alam.

BACA JUGA:
Merencanakan Pembelian Rumah Dalam Setahun
Tips Memilih Bank Agar Lancar Cicil KPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *