Tips Memilih Sofa Untuk Apartemen Bergaya Minimalis

sofa

Memilih sofa yang tepat tak ubahnya seperti memilih pasangan hidup, membutuhkan waktu dan pertimbangan karena Anda hanya dapat memilih satu untuk digunakan selama beberapa tahun lamanya. Terutama jika sofa tersebut untuk melengkapi apartemen Anda yang bergaya minimalis. Berikut beberapa tips untuk memilih sofa yang tepat untuk hunian yang bergaya minimalis.

Pertimbangkan Letak

Sebelum memilih sofa, pastikan terlebih dahulu di ruangan mana Anda akan meletakkan sofa tersebut, apakah di ruang tamu, ruang keluarga atau di luar ruangan seperti balkon atau rooftop. Setelah mengetahui dimana Anda akan meletakkan sofa tersebut, Anda akan dapat menentukan bahan apa yang paling tepat dan nyaman. Karena tentunya sofa untuk outdoor dan indoor tidak didesain dengan menggunakan bahan yang sama.

Pertimbangkan Fungsi

Hal kedua yang harus Anda pastikan adalah fungsi dari sofa tersebut, apakah akan Anda akan mengfungsikannya untuk menyambut tamu atau hanya untuk bersantai menghabiskan waktu bermalas-malasan di hari libur. Karena sofa yang ideal tentunya tidak hanya yang memiliki bentuk yang cantik, tetapi juga nyaman saat digunakan. Dengan mempertimbangkan fungsi Anda akan dapat menentukan bentuk sofa yang tepat.

Pertimbangkan Ukuran Ruangan

Sebelum memesan atau pergi ke toko furniture, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ukuran ruangan Anda. Jangan sampai Anda memesan atau membeli sofa dengan ukuran yang tidak tepat, bisa terlalu besar maupun terlalu kecil. Jika ruangan Anda kecil, jangan tergoda untuk membeli sofa besar karena terasa nyaman namun nanti akan susah untuk di letakkan di ruangan. Pilih sofa ramping berkaki tinggi agar ruangan tidak terkesan semakin sempit.

Pilih Bentuk Yang Sesuai

Jika ruangan Anda tidak terlalu luas, sebaiknya jangan memilih sofa dengan desain terpisah yang dapat membuat ruangan semakin terasa sempit. Pilih sofa dengan bentuk L yang dapat memberikan kesan luas dan terbuka pada ruangan. Selain itu sofa bentuk L juga dapat menjadi pemisah antara ruang keluarga dengan ruangan lain jika ruangan apartemen Anda bergaya open floor minimalis.

Pilih Bahan Dan Warna Yang Sesuai

Bahan pun memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan dan perawatan. Jika Anda tinggal bersama anak-anak maka sebaiknya pilih sofa berbahan kulit atau vinyl agar lebih mudah dibersihkan. Namun jika Anda tinggal dengan orang dewasa saja, Anda dapat memilih sofa berbahan lembut agar nyaman saat digunakan.

Dalam memilih warna dan motif pun Anda tidak boleh terburu-buru. Pastikan Anda menyukai warna dan motif dari sofa tersebut karena sofa tersebut akan berada di dalam hunian Anda dalam waktu yang lama. Memilih warna dan motif pun tidak boleh lepas dari letak dan keharmonisan dengan warna cat dinding dan perabot yang lain.

BACA JUGA:
Tips Mendekorasi Apartemen Baru Tanpa Menguras Kantong
Tips Redam Suara Bising Di Apartemen Berdesain Terbuka Tanpa Sekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *