Siapkan Diri Sebelum Beli Hunian

pindah rumah

Bagi sebagian besar orang, membeli rumah atau apartemen perlu tekat dan kemauan yang kuat, bahkan tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa membeli hunian harus sedikit dipaksakan. Pasalnya tanpa tekat dan kemampuan yang kuat, rumah atau apartemen takkan kunjung terbeli.

Selain menyiapkan dana, menyiapkan mental untuk membeli hunian juga harus dilakukan, terutama jika pembelian properti dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas KPR/KPA. Kesiapan diri perlu dipastikan betul karena Anda harus menghadapi beberapa hal penting berikut.

Pembayaran Tagihan Tepat Waktu

Agar pengajuan KPR berjalan lancar dan selama KPR berlangsung tidak ada masalah yang muncul, persiapkan diri untuk dapat membayar cicilan tepat waktu. Pasalnya jika Anda memiliki kebiasaan buruk menunggak cicilan, maka sudah dipastikan Anda akan sulit untuk lolos BI checking.

Berhenti Gunakan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit seolah Anda memiliki dana cadangan yang dapat dicairkan dengan cepat dan mudah kapanpun dibutuhkan. Padahal kenyataannya tidak demikian, Terlalu bergantung pada kartu kredit justru akan membuat Anda membangun kebiasaan berhutang.

Kencangkan Ikat Pinggang Demi Uang DP

Demi berhasil memiliki rumah idaman, maka Anda harus mulai menahan diri untuk tidak menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Sisihkan setiap uang yang tersisa demi mengumpulkan DP. Meskipun developer menawarkan DP ringan, sebaiknya targetkan jumlah uang DP minimal 20 persen dari harga rumah atau apartemen agar cicilan Anda lebih ringan.

Siap Hadapi Proses Panjang

Membeli properti tidak sama seperti membeli mobil atau kendaraan lain. Dibutuhkan persiapan dan proses penyelesaian yang akan memakan waktu dan tenaga. Oleh karena itu pastikan Anda memiliki informasi lengkap terkait hal-hal penting yang berhubungan dengan transaksi yang akan Anda lakukan.

BACA JUGA:
Ragam Gaya Bohemian Untuk Dekorasi Apartemen
Inspirasi Dekorasi Kamar Ala Mandala Tapestry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *