Kejujuran Jadi Poin Penting Agar Pengajuan KPR Disetujui Bank

KPR-Syariah

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi salah satu jalan yang ditempuh banyak orang untuk dapat memiliki hunian. Mengajukan KPR ke bank bukanlah perkara mudah yang perlu dipersiapkan dengan baik dan benar.

Dalam menyiapkan data yang akan diajukan kepada pihak bank, sebaiknya lakukan dengan jujur agar bank dapat meloloskan pengajuan kredit Anda. Pasalnya jika Anda tidak berlaku jujur, maka bank tidak akan meloloskan permohonan KPR yang Anda ajukan.

Misalnya saja saat membuat data slip gaji, tulis dengan jujur berapa pemasukan setiap bulan yang Anda miliki. Jika Anda membuat pemasukan yang besar dengan tujuan agar pengajuan kredit dapat disetujui, maka Anda sangat keliru.

Saat memeriksa keuangan pemohon kredit, bank memiliki lima pedoman kelayakan, yakni kepribadian, kemampuan mencicil, kekayaan yang dimiliki, jaminan kredit, dan prospek usaha yang dimiliki. Jika data slip gaji tidak sesuai dengan lalu lintas dana dalam rekening tabungan, maka hal ini dapat menimbulkan kecurigaan.

Kenyataan yang mudah terlihat ada pada lalu lintas keuangan Anda dan pasangan yang tercermin di buku rekening tabungan yang dimiliki. Jika dalam slip gaji tampak nilai pemasukan yang besar namun tidak tercermin di rekening tabungan, bank akan mudah mengetahui bahwa slip gaji dibuat secara tidak jujur.

BACA JUGA:
Menghindari Bujuk Rayu Pengembang Nakal
Super Murah! Rumah Di Banten Ini Cuma Rp 50 Jutaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *