Hong Kong Siapkan Proyek Hunian Bawah Tanah

hongkong

Dengan semakin terbatasnya lahan, hunian mulai dibuat dengan desain vertikal, seperti rumah susun maupun apartemen. Berbeda dengan negara kebanyakan, Pemerintah Otonomi Hong Kong justru memiliki rencana tak biasa untuk membangun hunian masal.

Dibandingkan membangun hunian vertikal, Pemerintah Hong Kong justru berencana membangun pemukiman bawah tanah. Seperti layaknya gua, proyek pembangunan pemukiman bawah tanah ini menjadi rencana jangka panjang pemerintah Hong Kong untuk memenuhi kebutuhan hunian.

Sebenarnya ide untuk membuat pemukiman bawah tanah ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Hal ini dijelaskan oleh Tony Ho, ahli geoteknik dari Departemen Sipil dan Pembangunan Hong Kong. Saat ini studi kelayakan sudah selesai dan rencananya akan ada 48 titik lokasi yang akan dikembangkan. Dari 48 lokasi yang sudah direncanakan, enam sudah dalam tahap persiapan.

Meskipun pemukiman ini nantinya berada di bawah tanah seperti gua, namun fasilitas yang ada tidak kalah dengan pemukiman yang ada di atas tanah. Terdapat pengolahan air bersih dan air kotor, pusat data, reservoir, gudang gas, bahan bakar, serta wine. Bahkan suasananya pun tidak gelap seperti dalam gua.

Kendati masih dalam tahap perencanaan dan persiapan, namun proyek ini sudah mendapatkan penghargaan dari Internasional Tunneling Association dan menyabet gelar Innovative Space Concept of the Year.

BACA JUGA:
Strategi Jitu Beli Hunian Untuk Para Pembeli Pertama
Beda Strategi Beli Hunian Untuk Investasi & Dihuni Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *